Fakta Kesehatan Payudara yang Mungkin Anda Belum Tahu

Fakta Kesehatan Payudara yang Mungkin Anda Belum Tahu

Fakta Kesehatan Payudara, Bukan Sekadar Takut Kanker.

fakta kesehatan payudara kolomsehat

1. Pilih bra yang berkualitas baik

Mengenakan bra yang berkualitas baik turut mempengaruhi kesehatan payudara Anda. Pilih ukuran yang memang sesuai, tidak kebesaran dan tidak kekecilan. Selain itu, pilih yang berbahan katun sehingga menyerap keringat. Payudara tentu jadi bersih dan sehat.

2. Benjolan belum berarti kanker

Wanita dianjurkan untuk mengecek payudara secara rutin. Anda bisa mengenali bentuk payudara dan mengecek apakah ada ketidaknormalan seperti benjolan ataupun perubahan lainnya. Namun ketika menemukan benjolan sebaiknya tidak segera panik. Benjolan pada payudara tidak selalu kanker, bisa pula yang hanya sifatnya jinak. Bagi Anda peserta asuransi BPJS kesehatan, sekarang telah tersedia skrining kesehatan gratis termasuk untuk payudara. Metode yang digunakan adalah Clinical Breast Examination atau CEB.

Pemeriksaan bisa pula dan memang dianjurkan, dilakukan di rumah secara rutin. Pemeriksaan sendiri ini dilakukan 3-5 hari sesudah periode menstruasi. Di waktu tersebut, hormon pre-menstrual sudah tidak ada sehingga benjolan yang disebabkan oleh hormon tidak ada. Anda bisa memeriksa dengan posisi tiduran, duduk sampai dengan berdiri di hadapan cermin.

Baca: Tips Mendeteksi Kanker Payudara Mandiri

3. Payudara mengendur

Tahukah Anda bahwa berat badan dan juga perubahan hormonal bisa mengakibatkan payudara mengendur? Oleh karena itu, penurunan berat badan secara drastis tidak direkomendasikan karena berdampak terhadap kesehatan payudara juga. Selain itu, merokok juga dapat merusak ligamen di daerah payudara.

4. Ukuran payudara yang berbeda

Ukuran payudara kanan dan kiri berbeda? Tenang saja, hal tersebut normal. Yang perlu diperhatikan dan diperiksa adalah kalau tiba-tiba ukuran payudara berubah. Hal ini karena pada dasarnya ukuran payudara meski Anda berolahraga, takkan berubah. Perubahan ukuran bisa terjadi tetapi sedikit ketika Anda mengalami kenaikan berat badan. Nah, untuk Anda yang ingin tampilan payudara jadi terlihat lebih besar dapat menggunakan push up bra yang cup-nya sesuai dengan ukuran payudara Anda.

5. Persentase terkena kanker payudara

Di Amerika, 1 dari 7 wanita punya risiko terkena kanker payudara. Itu baru data dari negeri Paman Sam sana ya. Nah di Indonesia sendiri kurang lebih sama. Berdasarkan data SIRS (Sistem Informasi Rumah Sakit) di tahun 2010, didapati puncak pasien dengan kanker payudara berjumlah 12.014 atau sekitar 28,7% dari antara penyakit kanker lainnya. WHO sendiri juga menyebutkan bahwa kanker payudara merupakan jenis kanker yang menjadi ‘pembunuh wanita’ tertinggi di dunia termasuk Indonesia.

Melihat fakta kesehatan payudara di atas, sudah sepatutnya kita jadi lebih waspada terhadap kanker payudara, bukan?

Pencegahan adalah langkah tepat. Penanganan sejak dini tentu akan mengurangi risiko terjadinya kanker yang lebih parah. Memang tidak menutup kemungkinan juga ya. Oleh karenanya, Anda pun bisa menambahkan tindakan proteksi pada tindakan preventif tersebut. Bergabung dengan salah satu asuransi kesehatan sangat dianjurkan, terlebih jika asuransi tersebut meng-cover penyakit kanker pula. Sebagaimana sudah disebutkan di salah satu poin di atas, pemerintah pun turut peduli dengan menyediakan proteksi yang meng-cover semua penyakit termasuk kanker payudara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *