Makanan yang Membuat Perut Kembung: 5 Hal Ini Perlu Anda Hindari!

Jenis-jenis Makanan Bergas yang Membuat Perut Kembung!

Begini situasinya: anda diundang ke jamuan makan atau makan besar di restoran, dimana anda telah berpakaian begitu rapi, cantik, bersih, dan semua dari atas ke bawah tampak sempurna kecuali…. perut anda! Ini tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga pria, perut tampak “kembung” seperti balon, dan tampak menonjol dibanding bagian tubuh lainnya. Bagaimana cara anda menyembunyikannya? Di bawah meja? Menekan-nekannya?

makanan yang membuat perut kembung

Jenis-jenis Makanan yang Membuat Perut Kembung

Berikut adalah jenis-jenis makanan yang dapat membuat perut anda tampak menonjol alias kembung, tapi jangan disalahartikan bahwa mengurangi makanan berikut dapat merampingkan perut besar anda secara drastis. Ini bukan tips diet menurunkan berat badan! ????

1. Garam

Garam menyebabkan retensi air di dalam tubuh. Kurangi asupan garam. Tentu saja, garam hadir hampir di setiap jenis makanan, jadi yang perlu anda perhatikan adalah kadarnya.

2. Karbohidrat Halus/Lembut

Anda mungkin berpikir, “Baiklah, aku akan mengurangi asupan nasi dan roti tawar sajalah kalau begitu”. Tapi tahukah anda berbagai macam kue dan roti lain yang berbahan gandum tidak saja mengandung nutrisi rendah, tapi juga dapat membuat perut anda membesar? Tentu saja faktor utamanya adalah konsumsi yang berlebihan. Sisa karbohidrat halus yang tidak terserap dengan sempurna akan tersimpan di sekitar pinggang dan akan menyerap air dengan cepat. Fungsinya adalah sebagai cadangan energi pada saat anda membutuhkannya. Sebenarnya ini sangat bermanfaat bagi mereka yang beraktivitas berat dan penuh setiap harinya. Tapi bagi yang tidak, ini “malapetaka”.

3. Sayuran Mentah dalam Jumlah Besar

Sayuran mentah memiliki nutrisi yang sangat tinggi dan baik bagi tubuh karena belum tercemar oleh berbagai bahan makanan. Namun demikian, ini hanya berita baiknya. Berita buruknya, sayuran mentah dalam jumlah besar dapat membikin perut kembung dan besar. Jangan hindari secara keseluruhan, tapi makanlah dalam porsi kecil untuk memastikan tubuh anda tetap mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

4. Makanan yang Mengandung Gas

Bukan air soda saja yang mengandung gas berlebihan. Makanan yang mengandung gas bisa menyebabkan perut anda menggelembung, dan sebagian besar makanan yang mengandung gas termasuk di antaranya adalah sayuran, seperti bawang merah, brokoli, dan kecambah. Ketiganya termasuk makanan yang bisa membuat perut kembung dan tampak besar.

5. Permen Karet

Ada apa dengan permen karet? Apakah itu makanan? Ketika kita mengunyah-ngunyah permen karet, kita menelan udara secara langsung, jika mulut terbuka, dan memang lebih sering kita mengunyah permen karet dengan mulut yang tidak merapat. Dan inilah salah satu alasan mengapa ketika memakan apapun usahakan mulut lebih sering merapat. Udara yang tertelan akan terperangkap di perut dan dapat membuat perut kembung dan besar.

Dari kelima jenis makanan di atas, manakah yang sering anda konsumsi? Yah, mulai sekarang mulailah untuk menguranginya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *