Manajemen Berat Badan: Kontrol Berat Badan Secara Terencana

Manajemen Berat Badan: Kontrol Berat Badan Secara Terencana

A. Tentang Manajemen Berat Badan

Hampir setiap wanita (dan tentu juga pria) ingin memiliki berat badan ideal demi penampilan yang enak dipandang mata. Namun demikian, hal yang paling pokok adalah mencapai keseimbangan berat badan demi kesehatan. Ini dikenal sebagai manajemen berat badan. Olahraga rutin dan pola makan serta mengatur asupan makanan (diet) adalah dua hal penting di dalamnya. Tergantung apakah kasus anda adalah kekurangan atau kelebihan berat badan, anda perlu sebuah manajemen berat badan untuk mencapai berat tubuh yang sehat.

manajemen berat badan

Jadi bagaimana anda menentukan apakah anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan? Sebagaimana yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, hitung massa tubuh dan sesuaikan hasilnya dengan indeks massa tubuh (BMI). BMI didapat berdasarkan rumus berat badan (kg) dibagi tinggi tubuh kuadrat (m2).

Baca: Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan

Jika perlu, diskusikan diskusikan keinginan anda untuk mengurangi atau menambah berat badan dengan dokter atau ahlinya, lalu tentukan target yang ingin dicapai. Jika anda memiliki berat badan jauh di atas rata-rata, tentukan target yang realistis. Sebab target realistis lebih masuk akal dan jelas. Ingat, bahkan pengurangan berat badan sekecil apapun akan memberikan dampak positif bagi upaya menjaga kesehatan tubuh.

Cara lain untuk mengatur berat badan adalah dengan mengatur asupan kalori. Tentukan jumlah asupan kalori yang anda butuhkan setiap hari untuk mencapai berat tubuh ideal untuk kesehatan. Perhatikan asupan makanan dan nutrisi serta tingkat aktivitas tubuh untuk menentukan perubahan apa saja yang harus dilakukan.

B. Yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Manajemen Berat Badan

Berat badan dapat dikurangi dengan mengurangi asupan kalori dan dengan membakar lebih banyak kalori (olahraga).

1.  Program penurunan berat badan yang sehat memperhatikan:

  • Target berat badan yang realistis dan masuk akal.
  • Pola makan yang memperhatikan pengurangan kalori namun dengan nutrisi yang cukup dan seimbang.
  • Perencanaan terhadap perubahan kebiasaan dan gaya hidup
  • Aktivitas fisik secara rutin (olahraga yang terencana)

2. Dalam menenemukan program penurunan berat badan yang tepat, perhatikan:

  • Bahwa anda ingin mengontrol berat badan secara sehat, oleh karena itu anda perlu memilih kebiasaan-kebiasaan yang tidak merusak kesehatan anda. Misalnya, jika anda harus mengubah pola makan, pastikan perubahan tersebut tidak mempengaruhi asupan nutrisi yang dibutuhkan demi kesehatan tubuh.
  • Bahwa dalam proses menurunkan berat badan maupun setelah mencapai berat badan ideal, anda harus tetap menjaga kebiasaan dan gaya hidup sesuai dengan yang telah anda temukan saat mulai dan menjalani manajemen berat badan. Poinnya adalah, anda harus konsisten dengan pilihan dan perencanaan yang telah anda tentukan sendiri baik pada saat proses maupun setelah target tercapai.

3. Kebiasaan-kebiasaan yang menentukan suksesnya manajemen berat badan:

  • Melakukan aktivitas fisik/olahraga secara rutin.
  • Melihat perkembangan penurunan berat badan secara rutin.
  • Tidak membiarkan kesalahan-kesalahan kecil dan tampak sepele mengganggu proses penurunan berat badan (misalnya, dalam suatu waktu anda “terpaksa” harus makan makanan tinggi kalori dalam sebuah pesta. Hindari kesalahan kecil seperti ini dan tetap konsisten dengan program yang telah dibuat.)
  • Mengurangi asupan kalori dan lemak secara terukur.
  • Makan secara rutin, termasuk sarapan pagi, dan dalam porsi wajar.

Yah, sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang dahulu, “gak ada sakit, gak ada hasil”. Tanpa usaha, tidak akan ada capaian. Tidak ada proses perubahan yang enak. Semakin besar upaya dan pengorbanan yang anda lakukan, semakin maksimal hasil yang anda capai. Demikian pula dengan upaya menurunkan berat badan, semua tergantung konsistensi dan kemampuan anda dalam menjaga komitmen dengan diri sendiri. Tidak ada yang namanya turun berat badan secara instan, kecuali hasilnya juga instan. Lakukan upaya yang benar, maka anda akan mendapatkan yang setimpal. Salam sehat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *