Manfaat Tidur Siang: Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Segudang Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Tidur siang selalu lekat dengan mereka yang sudah menginjak usia tua atau usia sangat muda (kanak-kanak). Anda tidur siang saat anda bayi, anda tidur siang saat pulang sekolah, dan anda tidur siang saat berusia diatas 50/60 tahun. Namun, di luar masa-masa itu, tidur siang umumnya dilihat sebagai aktivitas yang menunjukkan kemalasan. Selain itu, banyak diantara kita yang tidak memiliki waktu untuk melakukannya.

manfaat tidur siang

Ini saat yang tepat bagi kita untuk melihat kembali dan menguji pandangan-pandangan kita mengenai tidur siang. Jauh dari yang biasa kita yakini, tidur siang bisa jadi merupakan cara ideal untuk meningkatkan energi dan kualitas kesehatan kita. Anda ingin mencari pembenaran bagi tidur siang yang biasa anda lakukan? Sekaranglah saatnya… ????

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Tidur adalah aktivitas kehidupan yang sangat penting. Banyak penelitian telah membuktikan betapa ruginya kita kekurangan tidur. Ada sebuah gangguan yang disebut “fatal familial insomnia“, yang menunjukkan bahwa kurang tidur bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Yah, bahaya/ancaman kematian karena kurang tidur mungkin ada secara tidak langsung. Bahkan kita masih bisa beraktivitas meskipun kekurangan tidur. Kita tidak menyadari atau mengetahuinya. Tapi coba kita lihat buktinya. Dalam sebuah penelitian yang membandingkan orang-orang yang tidur siang dan yang tidak tidur siang dalam jangka lebih dari 6 tahun (dan termasuk beberapa faktor lain yang berpengaruh) ditemukan bahwa tidur siang bisa mengurangi resiko penyakit jantung hingga 37%. Artinya, mereka yang tidak pernah atau tidak melakukan aktivitas tidur siang dalam kurun waktu cukup lama memiliki resiko penyakit jantung lebih tinggi.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2008 menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan daya ingat (memory). Dalam penelitian ini, para relawan diminta untuk mengingat sebaris daftar. Sebagian diberi kesempatan untuk tidur siang, sebagian lainnya tidak. Para relawan yang tidur siang bisa mengingat dengan lebih baik daripada mereka yang tidak tidur. Bahkan tidur siang hanya dalam 6 menit pun bisa meningkatkan kemampuan mengingat tersebut!

Penelitian oleh NASA hanya mendukung pandangan bahwa tidur siang itu baik, dengan membuktikan bahwa tidur siang walaupun hanya dalam 25 menit saja mampu meningkatkan fokus dan kewaspadaan hingga 35%. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan mood.

Yang menjadi fokus perhatian adalah: tanpa tidur siang, anda beraktivitas hanya pada level setengah optimal saja. Seandainya anda tidur siang sebentar saja setiap hari, anda mungkin akan mendapatkan mood, fokus, energi, dan kesehatan yang jauh lebih baik. Anda mungkin berfikir bahwa pernyataan tersebut terdengar tidak wajar, sangat jarang orang yang mau atau bisa tidur siang dan andapun mugkin tidak pernah melakukannya.

Anda perlu mengubah pemikiran. Kenyataannya, tidur siang adalah aktivitas yang sangat wajar. Semua hewan tidur siang, dan jika anda memiliki anjing atau kucing di rumah, anda pasti mengerti betul kebiasaan ini. Jika anda menengok ke negara-negara dengan udara panas (dan memiliki kebiasaan santai) seperti Spanyol atau Yunani, anda akan melihat bahwa para penduduk di sana memiliki kebiasaan yang disebut siesta, yaitu tidur siang singkat yang biasa dilakukan setelah makan siang. Kebiasaan tidur siang ini telah dibuktikan memiliki efek baik bagi kesehatan dan memberikan energi, mood, serta fokus pada kehidupan di malam harinya.

Efek Buruk Tidur Siang

Meski sudah jelas terkuak sedemikian banyak manfaat tidur siang, untuk membuat ulasan ini sedikit objektif, kita juga perlu melihat beberapa hal negatif yang mengikutinya.

Sebagai contoh, meskipun tidur siang akan memberikan efek rasa segar dan fit saat terbangun, tapi dibuktikan tidur siang akan memberikan efek sebaliknya jika anda mengalami gangguan sleep inertia (kelembaman tidur), yaitu kondisi grogi (gugup atau tergagap) saat bangun tidur atau kondisi dimana anda sudah sadar namun benar-benar harus berjuang untuk bisa bangun tidur seutuhnya.

Sisi negatif lainnya adalah tidur siang yang berlebihan bisa menyebabkan anda sulit tidur atau tidak bisa tidur nyenyak pada malam harinya, dan ini bisa menyebabkan insomnia ringan.

The Verdict

Ingat, efek buruk di atas akan terjadi jika tidur siang dilakukan secara salah, yaitu terlalu panjang dan dilakukan pada waktu yang kurang tepat. Jika dilakukan tidak terlalu lama, dan pada waktu yang tepat (biasanya setelah jam makan siang), maka anda akan mendapatkan manfaatnya.

Meski anda tidak bisa mengadopsi kebiasaan tidur siang secara rutin, karena masalah keluangan waktu atau kebiasaan yang sulit dilakukan, anda bisa melakukannya pada kondisi tertentu saja, misalnya saat tubuh membutuhkan “sarana” untuk meningkatkan performa dan menyegarkan kembali stamina. Tidur malam anda kurang baik? Beberapa penelitian mencatat bahwa panjang waktu tidur normal (7-8 jam) yang terpotong walau hanya kurang dari satu jam saja bisa membuat anda kurang fokus dan waspada. Jadi pertimbangkan tidur siang sebagai pengganti waktu tidur malam yang hilang atau sebagai cara untuk menghadapi hari besar dan supersibuk di depan anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *