Mengendalikan Diabetes dan Penyakit Jantung - KolomSehat

Mengendalikan Diabetes dan Penyakit Jantung

Mengidap penyakit diabetes berarti anda harus memperhatikan kesehatan secara penuh. Ini semakin penting apabila anda juga mengidap penyakit jantung dan pernah mengalami serangan jantung. Tapi ada kabar baik, anda bisa mengendalikan diabetes dan penyakit jantung serta mengurangi berbagai resiko yang lebih buruk lagi dengan membuat beberapa perubahan di dalam kehidupan anda.

mengendalikan diabetes dan penyakit jantung

Jika anda mengidap diabetes, maka tubuh tidak memproduksi insulin (hormon yang mengontrol kadar gula) dalam jumlah yang cukup atau tubuh tidak mampu merespon insulin yang diproduksinya sendiri. Kemungkinan lainnya, kadar gula di dalam tubuh anda terlampau tinggi. Jika kadar gula tinggi, maka arteri akan menyempit. Ini menyebabkan aliran darah ke tubuh, dan jantung, menjadi lebih sedikit dari jumlah atau volume seharusnya.

Nah, sebagai bentuk respon terhadap penyakit diabetes atau jantung yang dialami, seseorang perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan khusus untuk mencegah ataupun mengendalikan diabetes dan penyakit jantung yang dideritanya.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Jantung memompa darah menuju ke seluruh bagian tubuh. Darah mengambil oksigen dari paru-paru dan kemudian kembali ke jantung. Dari jantung, darah yang kaya kandungan oksigen dipompa ke seluruh tubuh melalui jaringan arteri. Nah, untuk melakukan tugas tersebut, jantung juga membutuhkan darah yang kaya oksigen. Jantung menerimanya melalui arteri-arteri koroner. Pembuluh-pembuluh darah ini menyelimuti jantung. Seperti arteri-arteri lain di seluruh tubuh, arteri koroner harus tetap sehat dan tidak tersumbat agar mampu membawa darah dalam jumlah cukup. Mengendalikan kadar gula darah adalah salah satu cara untuk menjaga arteri koroner sehat dan bisa melakukan tugas sebagaimana mestinya.

Kandungan gula darah yang tinggi menyebabkan dinding arteri rapuh. Ini menyebabkan substansi-sunstansi yang mengandung lemak mengendap dan menempel di dinding arteri. Semakin lama, semakin banyak plak yang terbentuk di dinding arteri. Oleh karena itu, mengontrol gula darah membantu memperlambat atau menghindari pembentukan plak ini.

Resiko dan Potensi yang Dapat Dikendalikan

Banyak hal bisa menyebabkan resiko dan potensi penyakit jantung dan serangan jantung. Beberapa faktor hereditas dan kondisi mutlak seperti riwayat penyakit jantung keluarga/turunan atau usia, tidak bisa diubah. Tapi, ada beberapa hal lain yang bisa dikontrol apabila anda mawas dan peduli. Pelajari dan lakukan poin-poin berikut bersama dengan dokter atau tim kesehatan Anda.

1. Turunkan “Kolesterol Jahat”

Kolesterol adalah substansi mirip lemak yang berada di dalam darah. Ada dua jenis kolesterol, LDL (Low-density Lipoprotein) yang biasa disebut sebagai kolesterol buruk atau “kolesterol jahat” dan HDL (High-density Lipoprotein) yang biasa disebut “kolesterol baik”. Kolesterol HDL membantu membersihkan kolesterol LDL dari darah dan arteri. Menurunkan kolesterol LDL atau “kolesterol jahat” mengurangi resiko penyakit jantung. Cek kadar kolesterol jahat ini bersama dengan tim ahli kesehatan atau dokter anda, anda kemudian akan belajar berapa jumlah kolesterol jahat dan berapa yang harus diturunkan atau dikontrol.

2. Kendalikan Gula Darah

Dengan mengendalikan kadar gula darah, kandungan kolesterol jahat dan substansi lain yang mengandung lemak dapat diturunkan. Selain itu, pembentukan plak di dinding arteri bisa diminimalisir serendah mungkin.

3. Turunkan Berat Badan Berlebih

Kelebihan berat badan membuat tubuh anda sulit menggunakan insulin dan juga membuat jantung bekerja lebih keras. Menurunkan berat badan hanya beberapa kilogram saja sudah mampu membantu menurunkan gula darah serta mengurangi resikopenyakit dan serangan jantung.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak lapisan arteri, menyebabkan proses pembentukan plak semakin tinggi, meningkatkan tekanan darah, dan mengurangi aliran darah ke jantung. Jika anda merokok, maka berhenti melakukannya adalah cara yang sangat ampuh dan berpengaruh besar.

Tes Kadar Gula Darah

Tes Hemoglobin Ale (Hb Ale, glycohemoglobin, tes yang mengukur jumlah gula [glukosa] yang terikat pada hemoglobin) mengukur rata-rata kadar gula darah dalam periode 2 atau 3 bulan. Fungsinya untuk menunjukkan seberapa baik (atau buruk) proses pengendalian diabetes anda. Tes ini juga membantu memprediksi resiko penyakit jantung dan masalah lainnya. Anda bisa melakukan tes ini setiap 3 atau 6 bulan sekali tergantung saran dari dokter atau tim kesehatan anda.

Menguji Kadar Kolesterol Keseluruhan

Tes darah secara keseluruhan adalah untuk melihat kadar LDL dan HDL dan trigliserida. Dokter mungkin meminta tes ini dilakukan setahun sekali. Jika kadar LDL dan trigliserida terlampau tinggi, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk membantu menurunkannya. Anda mungkin juga harus mengubah pola tertentu di dalam diet anda.

Mengendalikan Stress

Hidup bersama diabetes bisa jadi menyebabkan stress. Stress bisa membuat tekanan darah dan kadar gula darah meningkat. Ini menyebabkan resiko penyakit jantung menjadi lebih tinggi pula. Stress juga bisa membuat anda malas makan dan berolahraga.

Tentu stress tidak bisa dihilangkan begitu saja, tapi anda bisa mempelajari cara untuk mengendalikannya. Ingat, bahwa saat anda mengalami diabetes, anda tidak sendiri, ada banyak support dari keluarga dan teman yang bisa diandalkan. Mintalah keluarga dan atau teman untuk:

  • Mendengarkan perasaan-perasaan anda. Ini akan membantu mengurangi rasa takut dan marah.
  • Makan makanan yang sama seperti yang anda makan. Jenis makanan yang direncanakan pada program pengendalian diabetes anda sebenarnya adalah makanan sehat untuk mereka juga!
  • Berolahraga bersama anda. Olahraga baik untuk siapapun, menguatkan jantung, dan membantu mengurangi stress.
  • Pergi bersama anda saat mengunjungi dokter, rumah sakit, atau tempat tim kesehatan anda berada. Ini akan memberi semangat lebih pada anda sekaligus membantu mereka mengerti apa yang perlu anda lakukan dalam menghadapi diabetes.

Langkah-langkah Penting Lainnya

Berikut adalah beberapa langkah lain yang bisa diambil untuk mengendalikan diabetes dan penyakit jantung. Poin-poin ditulis sebagai “janji” anda pada diri sendiri.

Makan dengan Benar

  1. Saya akan makan sekurang-kurangnya 5 porsi buah-buah segar dan sayuran segar atau beku setiap harinya.
  2. Saya akan selalu membaca label pada bungkus produk makanan untuk melihat apakah produk tersebut mengandung kadar lemak, kolesterol, dan garam yang rendah dan memilih produk dengan kriteria demikian.
  3. Saya akan mengukur porsi makan dan makan tidak lebih dari porsi harian yang sudah direncanakan.

Melakukan Olahraga yang Menyenangkan

  1. Saya akan berjalan selama 10 menit saat jam makan siang, atau saya akan berjalan-jalan dulu di mall sebelum berbelanja.
  2. Saya akan bersepeda baik dengan sepeda khusus sambil menonton tv atau dengan sepeda tua saya mengelilingi kompleks perumahan saya.
  3. Saya akan mengikuti kelas aerobik atau kelas dansa.

Merawat dan Memperhatikan Diri Sendiri

  1. Saya akan cek atau tes gula darah tepat waktu dan rutin sesuai dengan petunjuk dokter saya.
  2. Saya akan makan obat setiap hari sesuai petunjuk, bahkan di saat saya merasa sangat segar bugar.
  3. Saya akan menjaga dan menepati setiap janji serta jadwal untuk bertemu dengan dokter saya.
  4. Saya akan selalu menyempatkan diri mengambil waktu luang untuk bersantai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *