Fakta-fakta Menarik Seputar Flu: 7 Fakta Unik yang Harus Kamu Ketahui

7 Fakta Menarik Seputar Flu yang Wajib Kamu Ketahui

Flu (influenza) memiliki gejala lebih berat dari masuk angin, meski keduanya umumnya dianggap sama. Fakta sebenarnya adalah: masuk angin dan flu berbeda; ini adalah salah satu fakta yang wajib diketahui oleh anda. Sebagai tambahan dan pelengkap, ada fakta-fakta menarik seputar flu lainnya yang juga pantas anda ketahui sebagai berikut:

fakta fakta menarik seputar flu

1. Kata “Influenza” adalah kata dari bahasa Italia yang berarti “Influence” (bhs. Inggris, pengaruh).
Kata ini mengacu kepada penyebab penyakit ini. Orang-orang pada waktu itu meyakini bahwa planet, bintang, dan bulan mempengaruhi (menjadi biang) flu. Kata “Influenza” digunakan untuk pertama kalinya di dalam bahasa Inggris pada tahun 1703.

2. Hipokrates melaporkan sebuah penyakit mirip flu untuk pertama kalinya pada tahun 412 SM.
Beberapa sejarawan meyakini bahwa flu berperan di dalam keruntuhan Athena pada tahun 404 SM. Namun demikian, wabah flu didokumentasikan untuk pertama kalinya pada tahun 1580, yang pada waktu diderita oleh lebih dari 90% populasi.

3. Ada empat wabah flu utama pada 100 tahun terakhir ini.
Empat wabah flu itu adalah Flu Spanyol, Flu Asia, Flu Hongkong dan yang paling baru adalah Flu Babi, yang menyebabkan lebih dari 12.000 kematian diseluruh dunia. Flu spanyol terkenal karena tingkat kematian tertinggi yang disebabkannya, yaitu sekitar 20 juta kematian di seluruh dunia (1918). Di abad sebelumnya, yaitu pada tahun 1889, Flu Rusia menyebabkan 1 juta kematian. Flu Burung, yang juga marak mewabah di beberapa belahan dunia beberapa tahun lalu, masih berada di bawah rata-rata dibanding ke empat jenis flu tersebut.

Baca: 6 Buah Pencegah Flu dan Batuk Paling Manjur Sejagad

4. Virus flu dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia selama 2-8 jam.
Fakta-fakta menarik seputar flu lainnya adalah bahwa Virus flu bahkan bisa bertahan hidup lebih lama lagi jika berada pada permukaan yang keras (pegangan pintu, meja, dan benda-benda berpermukaan keras lainnya).

5. Ada 3 jenis virus flu utama (Influenza A, B, dan C).
Influenza A adalah yang paling parah, menyebabkan penyebaran wabah pada unggas dan manusia. Influenza A adalah penyebab pandemik H1N1 (Flu Babi, Flu Spanyol, Flu Burung, dll). Influenza B khususnya ditemukan pada manusia, tetapi bermutasi ditingkat yang lebih lambat. Influenza C menginfeksi manusia, anjing dan babi tetapi jarang ditemukan.

6. Ada sejumlah jenis flu yang belum dikenali.
Flu sendiri terus-menerus bermutasi. Setiap tahun, 3 atau 4 jenis flu diidentifikasi sebelum ada pengembangan vaksinnya.

7. Flu dapat didiagnosis hanya dalam 15 menit.
Banyak rumah sakit dan dokter telah menggunakan Alere i, sebuah perangkat medis yang bisa mendiagnosis flu; berupa alat mirip pengusap hidung sederhana. Ini berarti anda bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan flu di waktu yang sangat tepat, yaitu dalam kurun 24-48 jam setelah terinfeksi virus flu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *