Ketahui Apa Saja Penyebab Penyakit Meningitis - KolomSehat

Ketahui Apa Saja Penyebab Penyakit Meningitis

Artikel ini adalah bagian 2 dari 4 dalam seri Semua Tentang Meningitis: Kenali dan Hindari

Penyebab Penyakit Meningitis

Sebagaimana telah dibahas pada pos sebelumnya, penyebab penyakit meningitis adalah infeksi yang disebabkan oleh dua hal utama, yaitu virus dan bakteri. infeksi dari virus biasanya lebih ringan dan tidak mematikan. Sedangkan infeksi dari bakteri bisa sangat fatal, yaitu kerusakan otak dan bisa berujung kematian.

penyebab penyakit meningitis otak virus kolomsehat

Meningitis juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, termasuk organisme lain, misalnya jamur. Dalam post ini, akan dibahas secara detil masing-masing penyebab tersebut. Karena infeksi dari bakteri sangat berbahaya, maka sangatlah penting untuk mengidentifikasi jenis ini terlebih dahulu dan diikuti dengan berbagai penyebab lainnya. Here we go…

Meningitis Bakterial

Meningitis karena bakteri disebut juga sebagai meningitis akut karena sifatnya. Meningitis bakterial biasanya terjadi saat bakteri masuk ke aliran darah dan bermigrasi ke otak dan tulang belakang. Ini juga bisa terjadi jika bakteri langsung menyerang meninges (selaput otak) secara langsung sebagai akibat dari infeksi telinga atau sinus, patah/retak tulang tengkorak, dan kadangkala ditemui pada beberapa kasus setelah operasi/pembedahan di bagian kepala.

Beberapa jenis bakteri dapat menyebabkan meningitis bakterial akut. Beberapa di antaranya yang lazim ditemui adalah:

1. streptococcus pneumoniae (pneumokokus)

Meningitis pneumokokus disebabkan oleh bakteri ini dan biasanya menginfeksi baik bayi, anak-anak, maupun orang dewasa. Bakteri jenis ini paling lazim menyebabkan pneumonia ataupun infeksi telinga atau sinus. Ada vaksin yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi terjadinya infeksi ini.

2. neisseria meningitidis (meningokokus)

Bakteri ini juga merupakan penyebab utama meningitis bakterial, jenis penyakitnya disebut sebagai meningitis meningokokus yang umumnya terjadi saat bakteri dari infeksi pernafasan atas masuk ke aliran darah. Infeksinya  sangat mudah menular ; umumnya menjangkiti remaja dan orang dewasa. Meningitis jenis ini bersifat epidemik (mewabah) dalam ruang lingkup lokal, misalnya di sekolah, pesantren, asrama militer, dan lingkup sejenisnya. Vaksin untuk mengurangi infeksi ini juga ada.

3. haemophilus influenzae (hemofilus)

Hemofilus influenzae tipe B (Hib) adalah bakteri yang dulu pernah menjadi penyebab utama meningitis pada anak-anak. Tetapi setelah ditemukannya vaksin Hib baru (biasanya menjadi bagian dari rutinitas imunisasi pada anak-anak), resiko meningitis karena bakteri ini semakin mengecil. Jenis meningitis ini disebut meningitis hemofilus.

4. listeria monocytogenes (listeria)

Bakteri ini biasanya ditemukan di dalam keju lembut, fast food / makanan siap saji (hot dog, burger, dan sejenisnya), dan makanan berbahan daging lainnya. Untungnya, kebanyakan orang yang memiliki daya tahan tubuh tinggi / sedang dalam keadaan fit tidak akan terpengaruh oleh bakteri penyebab meningitis listeria ini. Sebaliknya, wanita hamil, bayi yang baru lahir, lansia, dan orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah lebih rentan terhadap infeksi oleh bakteri ini. Listeria dapat menembus penghalang plasenta. Terjadinya infeksi di akhir masa kehamilan dapat menyebabkan kematian bayi di dalam kandungan atau setelah lahir. Orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah, baik karena penyakit atau obat-obatan tertentu, memiliki resiko tinggi terhadap meningitis karena bakteri listeria ini.

Meningitis Virus

Meningitis virus disebabkan oleh virus dan disebut juga sebagai meningitis kronis karena sifatnya. Bentuk kronis dari meningitis ini terjadi saat organisme-organisme dengan pertumbuhan lambat menyerang selaput dan cairan yang mengelilingi otak. Jika meningitis akut menyerang secara tiba-tiba, meningitis kronis berkembang kira-kira dalam dalam hitungan hari bahkan dua minggu atau lebih. Namun demikian gejala keduanya hampir sama (sakit kepala, demam, muntah-muntah, kondisi kesehatan mental rendah, dll).

Meningitis Jamur

Meningitis karena jamur (fungi) jarang ditemui dan biasanya menyebabkan meningitis kronis. Bahkan, kadang-kadang meningitis jamur bisa menyerupai meningitis bakterial akut. Akan tetapi, meningitis jenis ini tidak memiliki sifat menular. Meningitis kriptokokus adalah bentuk penyakit meningitis yang disebabkan oleh jamur dan biasanya mempengaruhi orang dengan kasus defisiensi imun, misalnya yang biasa ditemukan pada penderita AIDS. Yang perlu diwaspadai, meningitis jenis ini bisa mengancam jiwa jika tidak segera ditangani dan diobati dengan obat antijamur.

Pada tahun 2012, meningitis jamur sempat menjadi topik utama dunia karena suntikan kortikosteroid yang terkontaminasi jamur ini menyebabkan wabah meningitis di beberapa negara. Kasus-kasus meningitis jamur berkaitan dengan obat tertentu yang telah terkontaminasi dan disuntikkan ke tulang belakang untuk mengatasi sakit punggung atau leher.

Penyebab Meningitis Lainnya

Meningitis juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak bersifat infektif (menyebabkan infeksi), misalnya reaksi kimia tertentu, alergi obat, beberapa tipe kanker, dan penyakit peradangan – misalnya sarkoidosis.

Baca artikel selanjutnya dalam seri: Semua Tentang Meningitis: Kenali dan Hindari

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *