Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

Manfaat air putih untuk kesehatan sangat banyak. Ada yang tidak setuju?

Saya yakin semua orang setuju jika tubuh membutuhkan air putih. Tapi belum tentu semua orang mau minum putih sesuai kebutuhan tubuh. Tidak usah jauh-jauh deh karena orang terdekat saya pun sulit banget jika harus minum air putih 8 gelas sehari.

Menurut saya sih hal ini tergantung kebiasaan juga. Ada yang memang sejak kecil belum terbiasa minum air putih. Jadi ya memang sejak kecil tuh orang tuanya membiarkan anak-anak minum yang manis-manis.

Sebagian tubuh manusia kan terdiri dari air dan agar organ tubuh bekerja dengan maksimal maka kita harus mengonsumsi air putih. Coba saja kalau kurang minum maka kita akan dehidrasi atau kekurangan cairan.

Ciri-ciri Dehidrasi

mengantuk

 “Ada Aqua?”

Sobat sehat masih ingat tidak iklan air mineral yang terkenal ini? Hampir setiap orang menggunakan kata “ada aqua?” yang ditujukan kepada  orang yang kurang fokus. Nah, salah satu cirri dehidrasi adalah kesadaran menurun. Pas banget iklan tersebut yang mengingatkan kita untuk segera minum saat konsentrasi mulai buyar. Itu tandanya tubuh kekurangan cairan.

Begitu juga jika Sobat Sehat sering mengantuk saat pagi hari padahal belum banyak beraktivitas. Jangan-jangan kalian dehidrasi tuh. Kekurangan cairan bisa menghambat suplai oksigen ke otak dan bikin ngantuk, Sob.

Dehidrasi juga menyebabkan kadar air liur menurun. Makanya mulut jadi bau tidak enak karena kamampuannya untuk melawan bakteri berkurang.

Selain itu, Sobat Sehat juga bisa mengenali ciri-ciri dehidrasi dengan gejala, seperti sembelit, berkurangnya elastisitas kulit, kram otot, tangan dan kaki menjadi dingin, mata cekung, dan demam.

Jika Sobat Sehat merasakan gejala tersebut, segera perbanyak minum air putih atau air mineral. Semakin cepat tubuh mendapatkan cairan maka semakin cepat pula dia merecoveri organ.

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

 Saat mengikuti kelas sehat, seperti 30 hari melangsing, kelas bebas obesitas, dan lainnya, semua pelatih menyarankan agar peserta minum air putih yang cukup. Berapa liter?

Minimal 2,5 liter per hari dan kalau bisa lebih ya bagus. Saran pelatih saya sih jumlah cairan yang kita butuhkan adalah berat badan x 30 ml. Atau mungkin Sobat Sehat punya referensi lainnya?

Kenapa sih kita butuh banyak asupan cairan? Karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengapa minum air putih bisa menurunkan berat badan? Selain memberi sinyal kepada otak bahwa perut sudah kenyang, air putih yang tanpa kalori dapat membantu tubuh membakar lemak secara alami. Kok bisa? Iya, karena air masuk ke dalam lemak sebelum dipecah oleh tubuh.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Air putih dapat menjaga kelembaban kulit secara optimal loh. Nutrisi penting untuk sel kulit juga dapat dipenuhi dari konsumsi air putih. Selain itu jika tubuh terhidrasi dengan baik maka bisa meningkatkan elastisitas kulit. Nah, bisa dibayangkan donk kalau tubuh kurang cairan, kulit bkalah keriput dan garis-garis halus akan semakin jelas terlihat.

Tidak hanya itu, air putih juga dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan membuat kulit semakin fresh dan glowing.

Memperlancar sirkulasi darah

Awali hari dengan air putih hangat. Apakah Sobat Sehat sering membaca atau mendengarkan saran tersebut? Sayangnya masih banyak yang memulai harinya dengan secangkir teh atau kopi. Padahal kalau tahu manfaat air putih hangat di pagi hari tuh luar biasa sekali loh.

Salah satunya adalah memperlancar sirkulasi darah karena cukupnya asupan air untuk tubuh dan memperlebar pembuluh darah.

Menjaga Tekanan Darah

Dehidrasi dapat meningkatkan tekanan darah loh Sobat Sehat. Kenapa Karena saat dehidrasi pembuluh darah akan mengerut atau menyempit. Akibatnya jantung memompa lebih keras sehingga tekanan darah naik. Nah, minum air putih secara teratur dan cukup dapat menjaga agar tekanan darah selalu stabil.

Nah, itu dia beberapa manfaat air putih yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Masih banyak loh Sobat Sehat manfaat air putih selain yang saya sebutkan. Yuk, penuhi kebutuhan tubuh dengan air putih yang cukup agar selalu bugar dan sehat.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Salam sehat dan bahagia selalu ^_^

2 pemikiran pada “Manfaat Air Putih untuk Kesehatan”

  1. Terkadang kita minum air putih menunggu rasa haus dulu. Ternyata ga boleh seperti itu ya. Haus atau ga, wajib sepertinya mengonsumsi air putih sesering mungkin untuk menjaga kesehatan tubuh kita. TFS.

    Balas

Tinggalkan komentar