Berapa Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum?

Istilah tune up pasti sudah tidak asing lagi bagi setiap pemilik mobil. Tune up mobil merupakan salah satu jenis perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Biasanya tune up mobil dijadwalkan minimal setiap enam bulan sekali atau satu tahun sekali. Tujuannya untuk mencari tahu masalah pada mobil, sekaligus menjaga mobil agar tetap prima.

Secara umum, tune up meliputi penggantian beberapa komponen mobil berdasarkan masa pakai efektifnya. Adapun beberapa komponen yang perlu dilakukan pengecekan antara lain : busi, filter udara, filter oli, kampas rem, air aki, karburator kotor dan lainnya. Kira-kira berapa biaya tune up mobil dan Perkiraan biaya cat mobil di bengkel umum ya?

Baiklah, kita bahas satu per satu dulu ya Sobat ^_^

Perbedaan Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi dan Umum

Biaya tune up mobil di bengkel resmi biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan bengkel umum. Besarnya biaya tune up biasanya juga tergantung suku cadang yang perlu diganti.

Bengkel resmi hanya menyediakan suku cadang original dari pabrikan. Sedangkan bengkel umum akan memberikan opsi suku cadang lain dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak hanya jenis bengkelnya, besarnya biaya tune up juga tergantung dari jenis mobil, sehingga akan berbeda sesuai dengan case by case-nya.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi

Besarnya biaya tune up mobil di bengkel resmi jauh lebih mahal, mencapai Rp. 3 juta atau lebih. Sedangkan untuk tune up mobil ringan, biayanya cukup murah, sekitar Rp. 300 ribu saja.

Pengerjaan tune up di bengkel resmi dilakukan oleh mekanik yang mengetahui seluk beluk mobil tersebut. Tidak hanya proses pengecekannya saja yang lebih lama, tapi juga pengerjaannya yang lebih baik.

Bengkel resmi biasanya akan melakukan full tune up, ada banyak sekali yang dicek oleh mekanik. Walaupun filter dan busi hanya akan dilakukan pembersihan, bengkel akan memberitahukan jika kondisinya sudah parah.

Bengkel akan menyarankan untuk diganti sekaligus memberikan estimasi harga, sehingga akan memberikan pilihan pada konsumen untuk diganti atau tidak.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum

Perkiraan biaya cat mobil di bengkel umum jauh lebih murah, tidak sampai jutaan rupiah. Pasalnya bengkel umum tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi, sehingga bisa memangkas biaya untuk tune up.

Cukup dengan menyiapkan biaya sebesar Rp. 350 ribu hingga Rp. 500 ribu saja, pemilik mobil sudah bisa melakukan tune up di bengkel umum. Biaya tersebut tentu saja belum termasuk penggantian sparepart atau komponen yang sudah tidak layak pakai atau menjadi penyebab  mobil mogok.

Biaya Cat Mobil di Bengkel Umum

Tidak jauh berbeda dengan biaya tune up mobil, biaya cat di bengkel resmi juga jauh lebih tinggi yang diperkirakan mencapai puluhan juta. Untuk sebagian orang, lebih memilih untuk membeli mobil baru daripada harus mengeluarkan uang senilai 25 persen dari harga mobil.

Berbeda jika mobil memiliki nilai tersendiri untuk pemiliknya, berapapun besarnya biaya akan dikeluarkan untuk membuat mobilnya rapi kembali. Sehingga tidak sedikit pemilik mobil yang memilih untuk memanfaatkan bengkel cat mobil terdekat yang ada di pinggir jalan untuk menakan harga.

Pemilik mobil harus lebih berhati-hati jika hendak memilih bengkel non resmi yang ada di pinggir jalan, salah satunya terkait dengan kualitasnya. Hasil pengecatan mobil yang tidak rapi, bahkan belang karena mengejar harga cat mobil yang lebih murah dan lebih cepat selesai.

Pengecatan mobil full body di bengkel umum biasanya menggunakan metode cat oven mobil atau dijemur di bawah terik matahari. Biaya cat mobil di bengkel umum sebesar Rp. 4 juta hingga Rp. 9 juta, tergantung bahan dasar yang digunakan oleh bengkel umum.

Biaya cat ulang mobil per panel di bengkel umum juga cukup bervariasi. Estimasi harga cat mobil yang menggunakan cat jenis polyurethan untuk beberapa panel seperti cat ruang mesin mobil sebesar Rp. 300 ribu hingga Rp. 800 ribu.

Apabila menginginkan harga yang lebih terjangkau bisa memilih cat dengan bahan Acrylic Lacquer sebesar Rp. 350 ribu hingga 650 ribu. Sedangkan untuk pemilik mobil dengan budget pas-pasan bisa memilih cat mobil dengan bahan duco.

Biayanya jauh lebih murah, antara Rp. 150 ribu hingga Rp, 350 ribu tergantung pada kerusakan bodi mobil. Besarnya biaya perawatan mobil memang sulit untuk diperkirakan, tapi setidaknya para pemilik mobil bisa memiliki gambaran berapa biaya yang harus dipersiapkan sebelum memilih bengkel.

***

Sumber :

https://lifepal.co.id/media/biaya-tune-up-mobil/

https://lifepal.co.id/media/biaya-cat-mobil/

Tinggalkan komentar