Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Ketombe

Rambut rontok biasanya identik dengan masalah ketombe. Oleh karena itu, sebagian orang merasa tidak percaya diri apabila terkena keduanya. Maka, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengatasi rambut rontok karena ketombe.

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Ketombe

Permasalahan kulit kepala dan rambut akan sangat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari. Apalagi ketombe yang bisa menyebabkan serpihan putih atau kuning di kepala jatuh ke pakaian, bahkan bisa membuat rambut rontok.

Hal ini karena rasa gatal akibat ketombe membuat folikel rambut menjadi lemah, sehingga ketika menggaruk kepala akan membuat beberapa rambut rontok. Namun, selain ketombe, rambut rontok juga bisa karena faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis atau penuaan. Namun, normalnya seseorang bisa kehilangan 50-100 helai rambut setiap harinya dan kerontokan rambut merupakan bagian dari siklus normal pertumbuhan rambut.

Berikut ini cara mengatasi rambut rontok karena ketombe dengan mudah.

Gunakan Sampo Anti Ketombe

Dalam sampo untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe biasanya mengandung bahan aktif Pyrithione Zinc, Salicylic Acid, Ketoconazole, Coal Tar, dan Selenium Sulfide. Anda bisa mencoba Dove Shampoo Super 3in1 yang mengandung serum untuk mengatasi rambut rontok.

Namun, bagi yang merasa alergi bahan kimia bisa menggunakan samp herbal dengan kandungan neem, lidah buaya, kunyit, minyak rosemary, daun mint, minyak pohon teh, atau ekstrak lemon.

Memakai Pelembab Rambut

Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala kering. Padahal kandungan salicylic acid sebagai anti ketombe juga bisa membuat kulit kepala kering. Maka dari itu, setelah keramas, Anda bisa menggunakan pelembab kulit kepala menggunakan minyak kelapa atau minyak argan.

Lalu, ketika pemakaian, Anda bisa melakukan pijatan lembut untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala. Minyak kelapa sendiri bersifat antijamur, sedangkan minyak argan mampu melembabkan rambut dan kulit serta melindungi dari adanya kerusakan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kondisioner rambut setelah keramas.

Hindari Produk Penyebab Iritasi Kulit

Contoh produk yang membuat rambut dan kulit kepala cepat iritasi adalah pewarna rambut. Produk tersebut dapat membuat kulit kepala lebih sensitif dan menyebabkan ketombe. Bahkan kandungan pengawet dan wewangian dalam produk rambut lainnya juga bisa memperburuk kondisi kulit kepala Anda. Maka dari itu, hindari beberapa produk rambut yang mengandung zat, seperti wewangian, pemutih, deterjen, dan formaldehida.

Hindari Stress

Stress juga bisa menyebabkan rambut rontok dan menghambat sistem kekebalan kulit kepala yang rentan terhadap jamur seperti ketombe. Contohnya rambut yang ketika disisir atau dicuci rontok secara tiba-tiba seperti jenis rontok Telogen Effluvium dan Alopecia Areata. Namun, ada juga rambut rontok karena adanya keinginan untuk mencabut rambut dari kulit kepala seperti Trichotillomania karena adanya tingkat stress, ketegangan, kesepian, frustasi, dan kebosanan yang tinggi.

Agar tidak stress, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Mengambil jeda sesaat
  2. Makan makanan seimbang dan bernutrisi
  3. Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein
  4. Berolahraga setiap hari
  5. Meditasi
  6. Melakukan Perawatan Rambut dengan Benar

Yang terakhir, rawatlah rambut dengan benar untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok seperti

  • Tidak mengikat rambut terlalu kencang
  • Menghindari penggunaan produk penata rambut
  • Tidak menggaruk kulit kepala ketika gatal dengan kencang
  • Mencuci rambut dengan sampo berbahan lembut dan biarkan kering dengan sendirinya
  • Tidak membiarkan kulit kepala dan rambut terkena panas berlebihan.

Nah, dari 5 cara mengatasi rambut rontok karena ketombe di atas, Anda bisa menggunakan sampo yang mudah ditemukan di pasaran seperti Dove Shampoo Super 3in1. Sampo tersebut memiliki formula serum yang mengurangi rambut rontok karena patah, menghilangkan dan mencegah ketombe datang kembali, dan mengurangi rambut lepek.

Yuk, rawat rambut dengan baik dan kelola stress Anda bersama Dove Shampoo Super 3 in 1.

Sumber:

https://katadata.co.id/iftitah/berita/62aab8c2c73c9/5-cara-mengatasi-rambut-rontok-dan-ketombe

https://www.sehatq.com/artikel/cara-menghilangkan-ketombe-dan-rambut-rontok-alami-maupun-menggunakan-obat

https://www.dove.com/id/hair-care/shampoo/3-in-1-super-shampoo-dengan-serum-atasi-rambut-rontok-anti-ketom.html

Tinggalkan komentar