Ketahui Manfaat Dan Bahaya Sinar Matahari Bagi Kulit

Matahari merupakan sumber energi paling besar di bumi. Bahkan bisa dikatakan bahwa matahari menjadi sumber kehidupan. Matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di bumi, bukan hanya panasnya saja, sinar matahari juga memiliki manfaat. Seperti untuk kesehatan tubuh. Tapi, ada beberapa manfaat dan bahaya sinar matahari yang perlu diketahui.

Sudah banyak yang mengetahui bahwa sinar matahari pagi bermanfaat untuk kesehatan. Namun, tidak sedikit orang yang melewatkannya dengan bermalas-malasan atau tidur. Meskipun memiliki banyak manfaat, tetapi sinar matahari juga memiliki bahaya. Apa saja sich manfaat dan bahayanya sinar matahari?

Manfaat Sinar Matahari  Bagi Manusia Yang Harus Kamu Tahu

Hayo … siapa yang suka berjemur di pagi hari?

Atau joging saat hari sudah siang dan matahari tepat di atas kepala?

Padahal, sda rentang waktu sinar matahari memiliki manfaat bagi kesehatan manusia loh, Sobat Sehat. Di luar rentang waktu itu, akan memberikan bahaya bagi kesehatan manusia. Manfaat dan bahaya sinar matahari bisa dipakai dan dihindari.

Sinar matahari memiliki banyak manfaat, maka sebagai manusia ada baiknya mengetahuinya. Adapun manfaatnya yang bisa dipakai adalah berikut ini.

Sumber Vitamin D

Salah satu vitamin yang baik untuk  tulang adalah vitamin D. Kabar baiknya sinar matahari merupakan sumber vitamin D terbesar selain makanan atau obat-obatan.

Perlu diketahui bahwa penyerapan vitamin D pada tiap orang berbeda-beda dan dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya faktor usia, pemakaian tabir surya, dan jenis baju yang dipakai.

Semakin bertambah usia maka kemampuan organ tubuh menyerap vitamin D juga berkurang. Begitu juga dengan warna kulit ya, Sobat Sehat. Orang berkulit gelap harus berjemur lebih lama untuk menyerap sinar matahari dan menyerap vitamin D.

Menguatkan Tulang

Sinar matahari yang mengandung vitamin D juga dapat menguatkan tulang. Dari vitamin D akan digunakan untuk penyerapan kalsium.  Bagi tulang, manfaat dan bahaya sinar matahari juga mempengaruhi pertumbuhannya. Seperti mencegah tulang agar tidak rapuh, menguatkan tulang, hingga mencegah osteoporosis.

Mencegah Kanker

Sobat Sehat pasti sering mendengar jika sinar matahari yang terik bisa menyebabkan kanker jika terpapar terlalu lama. Tapi sinar matahari juga  bisa mengobati kanker tertentu. Misalnya prostat, kanker payudara, kanker pankreas, hingga kanker ovarium.

Ini didapatkan karena adanya kandungan vitamin D yang akan mengurangi risiko pertumbuhan kanker. Cobalah untuk berjemur di pagi hari dan rasakan manfaat hangatnya sinar matahari.

Mengatasi Beberapa Penyakit Kulit Tertentu

Meskipun memiliki manfaat dan bahaya sinar matahari bagi kulit yang sama banyaknya. Ternyata sinar matahari juga bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit tertentu.

Sebagai contoh adalah penyakit kulit eksim, penyakit kuning, dan lain-lain. Tapi, perlu diketahui bahwa terlalu banyak mendapatkan sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini. Jadi, secukupnya saja.

Empat manfaat dari sinar matahari di atas bisa didapatkan ketika pagi dan sore hari. Karena di waktu itu, sinar matahari tidak terlalu panas sehingga tidak begitu menyakitkan kulit.

Berjemur pun memiliki rentang waktu, antara 10 sampai 20 menit. Setelah mengetahui beberapa manfaat sinar matahari, ketahui pula bahayanya.

Bahaya Sinar Matahari Bagi Kesehatan Manusia

Berbagai manfaat dan bahaya sinar matahari harus diketahui oleh anak-anak maupun orang dewasa. Mungkin Sobat Sehat berpikir jika berjemur di pagi hari, bahkan terlalu lama, bisa menjaga menyehatkan tubuh.

Namun, tahukah kalian? Ada beberapa bahaya dari sinar matahari bagi kesehatan manusia. Sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini. Ini didapatkan jika lebih lama berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan.

Bisa juga membuat gangguan mata seperti katarak jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam jangka panjang. Untuk ini pakailah kacamata hitam jika sinar matahari mulai menyengat. Ada pula yang membuat risiko kanker kulit sehingga untuk menghindarinya pakailah tabir surya setiap kali keluar rumah.

Itulah beberapa manfaat dan bahaya sinar matahari yang harus diketahui. Bukan hanya bermanfaat bagi manusia saja, bahkan kehidupan hewan dan tumbuhan. Sinar matahari yang panas juga memiliki manfaat untuk bekerja, misalnya menjemur ikan asin.

Bahkan padi yang akan diolah harus dijemur terlebih dahulu. Oleh karenanya, kita perlu tahu bagaimana cara mengatasi bahaya sinar matahari sehingga tidak akan memberikan efek negatif bagi manusia.

Semoga bermanfaat, Salam Sehat ^_^

Tinggalkan komentar