Tidak Sulit Dilakukan, Cara Meningkatkan Konsentrasi Anak yang Paling Ampuh

Mungkin sering kali Sobat Sehat menemukan seorang anak sulit fokus ketika belajar, baik itu di rumah atau di sekolah. Bisa jadi anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi. Gangguan ini sebenarnya bukan hal yang buruk dan bisa diatasi dengan berbagai cara.

Cara meningkatkan konsentrasi anak bisa dimulai dari melakukan permainan yang melibatkan konsentrasi anak, olahraga hingga cara lainnya yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Cara Efektif Meningkatkan Konsentrasi Anak

meningkatkan konsentrasi anak

 

Sebagai orang tua pada dasarnya tidak perlu merasa khawatir apabila anak tengah mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam belajar atau aktivitas lainnya. Walau bukan gangguan yang berbahaya, tetap saja akan berdampak pada kualitas hidup anak. Nah, kabar baiknya terdapat berbagai cara untuk meningkatkan konsentrasi tersebut. Simak cara lengkapnya di bawah ini.

Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Kurangnya konsentrasi yang dialami anak bisa juga berasal dari kurangnya tidur. Akibatnya esok harinya anak-anak rawan mengantuk, sulit mengingat, memperhatikan dan mudah lelah dalam beraktivitas.

Sebagai orang tua jika mengalami hal yang demikian, sebaiknya evaluasi kembali bagaimana pola tidur anak setiap harinya. Untuk meningkatkan kualitas tidur anak orang tua bisa melakukan berbagai macam cara yaitu, matikan dan jauhkan gadget atau televisi menjelang waktu tidur, mengatur suhu kamar senyaman mungkin, tidur dan bangun di jam yang sama serta teratur dalam melakukan olahraga.

Berdiskusi dengan Anak Penyebab Sulit Berkonsentrasi

Cara meningkatkan konsentrasi pada anak juga bisa dilakukan dengan mengajaknya berdiskusi atau bertanya apa yang membuatnya sulit berkonsentrasi. Mungkin saja anak sulit berkonsentrasi karena adanya beberapa gangguan yang sulit ia ungkapkan.

Dengan bertanya pada anak apa yang menyebabkan ia sulit berkonsentrasi, akan lebih mudah untuk menemukan solusi bagaimana cara mengatasinya.

Mengajak Anak Bermain di Alam Bebas

Berdasarkan penelitian, mendengarkan suara alam seperti kicauan burung, suara ombak, rintik hujan dan menikmati hijaunya pemandangan dapat meningkatkan konsentrasi anak. Sesekali saat akhir pekan ajaklah anak untuk berlibur ke alam bebas untuk menikmati suara-suara tersebut agar anak lebih fokus dan bisa mengerjakan banyak hal setelah berlibur.

Hindari Terlalu Banyak Menekan dan Memerintah Anak

Wajar saja apabila memberikan perintah pada anak. Akan tetapi perintah yang terlalu berlebihan dan sifatnya menekan bisa membuat pikiran dan mental anak terbebani. Akibatnya bisa menyebabkan anak murung, sedih atau depresi yang bisa berdampak anak sulit konsentrasi. Berikanlah perintah dengan perlahan dan hindari terlalu banyak menekannya agar ia bisa jadi pribadi yang ceria dan menyenangkan.

Mencoba Berbagai Macam Permainan yang Melatih Konsentrasi

Cara meningkatkan konsentrasi anak  bisa dilakukan dengan berbagai permainan yang melibatkan konsentrasi anak. Misalnya permainan catur, puzzle, sudoku, teka-teki logika, dan lainnya yang bisa ditemukan melalui game online.

Bagi sebagian besar orang, game online adalah permainan yang membawa dampak buruk bagi anak. Namun, jangan salah ada beberapa jenis game online yang justru bisa meningkatkan konsentrasi anak.

Misalnya saja game online di plays.org yang memiliki banyak kategori yang tidak hanya melatih konsentrasi tetapi juga bisa membantu mempertajam daya ingat dan kemampuan problem solvingnya.

Meningkatkan Konsentrasi dengan Bermain Game Online Gratis di Plays

Saat ini banyak game online yang beredar di internet. Jika orang tua bisa memilih yang tepat untuk anak maka bukan tidak mungkin malah memberikan efek yang positif.

Salah satu contoh laman game online gratis yang dapat dimainkan anak-anak mulai usia TK hingga orang dewasa adalah plays.org, yaitu situs yang menawarkan lebih dari 1.000 game online gratis dan menyenangkan yang dapat dimainkan dengan cepat dari browser.

Melalui plays.org Anda juga bisa menemukan game online jaman dulu (sekitar tahun 90an) yang sudah dimodifikasi dengan apik. Seperti Pac-Rat (dulu Pac-Man) dan Tetra Block, familiar bukan?

Nah, di plays ini semua permainannya gratis, tanpa harus mengunduh aplikasi pula karena bisa main lewat browser saja.

Game Guardians Defenders of Mathematica, Belajar Matematika Lebih Menyenangkan

meningkatkan konsentrasi anak

Belajar matematika melalui game, bisa gak ya? Bisa banget dan ada loh di plays.org game kategori edukasi yang mengajak anak bermain sekaligus belajar. Yaitu melalui game Guardians Defenders of Mathematica, permainan matematikan untuk anak-anak bertema fantasi.

Ada 16 kategori matematika yang berbeda yang dapat dipilih pemain, diantaranya penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Menariknya lagi adalah anak-anak dapat memilih karakter yang bermacam-macam seperti ksatria, penjaga hutan, prajurit, penyihir, penyihir, dan elf.

guardian matematic

Bagaimana caranya memenangkan pertandingan? Setidaknya, anak-anak yang bermain harus menjawab 7 dari 10 pertanyaan dengan benar. Jika menang, akan dapat satu perisai. Nah, yang menarik adalah anak-anak dapat mengasah keterampilan matematikanya saat mempertahankan kerajaan matematika.

Dan masih banyak lagi permainan edukasi lainnya untuk meningkatkan konsentrasi anak, seperti:

  • Zombie typing, menyelamatkan alam semesta dari zombie sambil meningkatkan akurasi pengetikan dan kata-kata.
  • Virtual xylophone, memainkan, membuat, dan mempelajari music sambil bersenang-senang.
  • Bow and angle, permainan geometri yang lucu.

Dan masih banyak permainan lainnya yang bisa dicoba secara online di plays.org untuk meningkatkan konsentrasi anak.

Sebagai orang tua sudah sewajarnya apabila memperhatikan kebutuhan anak, baik itu lahir atau batinnya. Jika kebutuhan fisik atau lahirnya terpenuhi dengan baik, belum tentu batinnya demikian. Tidak terpenuhinya kebutuhan batin salah satunya bisa berakibat sulitnya anak berkonsentrasi.

Semoga dengan adanya informasi cara meningkatkan konsentrasi anak di atas, dapat memberikan inspirasi bagi orang tua yang anaknya mengalami masalah dalam konsentrasi.

7 pemikiran pada “Tidak Sulit Dilakukan, Cara Meningkatkan Konsentrasi Anak yang Paling Ampuh”

  1. Iya, memang ada beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi anak. Aku dulu juga was-was pas anak pertamaku kok susah banget buat konsentrasi. Trus ya coba dengan ngatur tidurnya dll seperti di atas.
    Eh tapi usia juga berpengaruh, sih. Kalau masih balita memang rentang konsentrasinya lebih rendah kan ya daripada usia di atasnya 🙂

    Balas

Tinggalkan komentar