Penting Diketahui, Ini Penyebab dan Gejala Serangan Asma yang Sering Ditemui

Ada beberapa penyebab dan gejala serangan asma yang perlu diketahui. Asma merupakan penyakit yang sering kali ditemui oleh setiap orang dan termasuk jenis jangka panjang atau kronis. Kondisi ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Alhasil, penderitanya akan mengalami rasa nyeri di dada, batuk, dan mengi.

Seseorang yang mengalami penyakit asma biasanya lebih sensitif saluran pernapasannya. Meski sering dianggap sepele, tapi kondisi asma tidak boleh disepelekan, lho. Hal ini karena kasus kematian akibat penyakit asma cukup banyak.

Daftar Isi

Penyebab dan Gejala Serangan Asma

penyebab dan gejala serangan asma

Meski tidak mempunyai riwayat penyakit asma, tapi tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa penyebabnya. Sebelum mengetahui gejala, ada baiknya untuk mengetahui penyebab serangan asma bisa muncul secara tiba-tiba.

Alergi

Salah satu penyebab terjadinya serangan asma karena alergi. Penyebab ini menjadi penyebab paling umum dan sering kali ditemui. Biasanya, penderita akan mengalami gejala lain, seperti mata berair, bersin tanpa henti, pilek, tenggorokan gatak, sampai sesak napas. Hampir kebanyakan orang akan mempunyai alergi terhadap serbuk sari, bulu binatang, kecoa, dan tungau debu.

Selain itu, ada juga beberapa alergi terhadap makanan yang bisa menjadi pemicu terjadinya serangan asma. Mulai dari susu sapi, telur, kacang, gandum, kedelai, buah, dan makanan laut. Jika penderita asma mempunyai alergi terhadap makanan, maka bisa berkembang semakin parah dan menjadi syok anafilaktik.

Asam Lambung Naik

Salah satu penyebab asma yang jarang diketahui adalah asam lambung naik. Hampir 80% penderita asma akan mempunyai penyakit GERD yang parah. Hal ini terjadi karena otot katup sfingter yang ada di ujung paling atas lambung tidak bisa menutup rapat. Akibatnya, asam lambung menjadi naik ke kerongkongan dan memunculkan serangan asma.

Faktor Cuaca

Penyebab dan gejala serangan asma lainnya yang perlu diketahui adalah faktor cuaca. Salah satunya adalah musim hujan. Hal ini karena pada saat musim tersebut udara menjadi lembap dan menumbuhkan jamur. Akibatnya, jamur merekah dan beterbangan di udara sehingga memunculkan serangan asma ketika terhirup oleh penderita.

Tidak hanya musim hujan saja, tapi cuaca panas yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan hal tersebut. Itulah kenapa sering kali penderita asma mengalami serangan secara tiba-tiba tanpa disadari penyebabnya lebih dulu.

Obat-obatan

Siapa sangka, ternyata obat-obatan bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami serangan asma. Sering mengonsumsi obat penyakit jantung, aspirin, dan ibuprofen bisa membuat asma menjadi kambuh. Jadi, jika Anda menderita asma, sebaiknya menghindari mengonsumsi obat tersebut. Sebagai gantinya, konsultasikan ke dokter untuk melakukan pencegahan asma.

Aktivitas Olahraga

Melakukan olahraga atau aktivitas fisik bisa menjadi pemicu terjadinya asma. Selain itu, orang sehat pun bisa mengalami serangan asma ketika melakukan olahraga, lho. Misalnya saat naik tangga di mana seseorang menarik dan membuang napas melalui mulut. Hal inilah yang bisa menyebabkan penyakit asma menjadi kambuh.

Gejala Serangan Asma yang Bisa Ditemui

Ada beberapa gejala umum yang biasanya ditemui pada penderita asma, yakni sesak dada, batuk di malam hari atau dini hari, sesak napas, dan mengi. Selain itu, ada beberapa pola gejala pada penderita asma, antara lain:

  • Muncul dan hilang seiring waktu atau di hari yang sama
  • Penyakit asma akan semakin memburuk jika mengalami infeksi virus, seperti pilek
  • Serangan asma akan menjadi lebih buruk di malam atau pagi hari
  • Dipicu oleh alergi, olahraga, udara dingin, dan hiperventilasi

Penyebab dan gejala serangan asma bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, bagi penderita asma, beberapa penyebab di atas bisa membuat penyakitnya kambuh atau semakin parah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa obat dan alat bantu pernapasan, ya.

Tinggalkan komentar