Ini Dia Berbagai Manfaat Buah Alpukat!

Banyak yang bilang alpukat berakibat negatif, obesitas misalnya. Benarkah? Tidak! Ini dia berbagai manfaat buah alpukat yang perlu kamu tahu

Buah alpukat adalah buah yang “kasiaaaan“… Bagaimana tidak? Puluhan tahun lamanya alpukat disalahpahami sebagai buah yang banyak mudharat daripada manfaatnya. Mitos dan miskonsepsi paling populer adalah: buah alpukat merupakan penyebab obesitas.

Namun syukurlah akhirnya diketahui bahwa alpukat merupakan buah dengan segudang manfaat. Bahkan alpukat merupakan bahan alami untuk berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Alpukat merupakan buah dimana seluruh bagiannya dapat digunakan dan berkhasiat. Sebagai contoh, daging buahnya kaya akan nutrisi, sedangkan minyak hasil ekstraksi dari buah ini bisa digunakan sebagai tabir surya yang efektif.

Daftar Isi

Alpukat Untuk Produk Kecantikan

manfaat alpukat

Semakin banyaknya permintaan akan produk kosmetik alami, jauh dari bahan kimia, zat pengawet, dan zat aditif menempatkan alpukat sebagai salah satu dari bahan alami yang paling banyak dieksplorasi dan dimanfaatkan. Alpukat digunakan sebagai bahan krim wajah, pembersih kulit, tabir surya, dan foundation (dasaran) kosmetik, lipstik, kondisioner rambut, dan minyak mandi (spa).

Minyak alpukat membuat kulit sejuk dan lembut karena mudah menyerap ke dalam kulit; sehingga lebih efektif daripada minyak zaitun, almond, dan kedelai. Penggunaan tabir surya yang mengandung bahan kimia sintetis seperti PABA (4-Aminobenzoic acid) bisa menyebabkan beberapa reaksi keras bagi sebagian orang, berbeda dengan minyak alpukat yang nyaris tidak memiliki efek negatif apapun.

Minyak Goreng Alpukat

Sebagai minyak untuk memasak, minyak alpukat memiliki sifat sama seperti minyak zaitun, yaitu bersifat tak jenuh tunggal yang diperkirakan memiliki pengaruh baik untuk kesehatan dibanding jenis minyak lainnya. Ada beberapa manfaat dari minyak alpukat sebagai pengganti minyak goreng yang umumnya digunakan untuk memasak:

Minyak alpukat lebih ringan dari banyak jenis minyak lainnya, yang berarti mudah menyatu dengan berbagai makanan atau bahan makanan.

Rasanya cukup lembut dan ringan jadi tidak mendominasi rasa makanan yang dimasak; justru dapat memperkuat rasa asli dari kombinasi makanan yang disajikan.

Minyak alpukat memiliki titik didih jauh lebih tinggi dan bisa digunakan pada temperatur tinggi daripada beberapa jenis minyak lain dan tidak pecah, sehingga membuat makanan yang digoreng menjadi lebih aman bagi kesehatan.

Nilai Gizi Tinggi

Inilah beberapa jenis kandungan nutrisi yang membuat alpukat tergolong sebagai makanan super:

  • Vitamin B12 – untuk otak dan sistem syaraf
  • Kalsium – untuk tulang dan gigi
  • Zinc – merupakan antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Ribloflavin, untuk energi dan metabolisme tubuh
  • Tiamin – untuk sistem syaraf dan kardiovaskular / jantung
  • Vitamin B6 – untuk sistem syaraf, gigi, gusi, dan sel darah merah

Perlindungan Terhadap Stroke

Telah tercatat dalam sejumlah penelitian medis bahwa penderita serangan stroke umumnya memiliki asupan potasium / kalium lebih rendah daripada umumnya. Alpukat memiliki lima kali lebih banyak kandungan potasium / kalium dibanding pisang atau jeruk.

Sebuah penelitian tentang stroke yang dilakukan selama 12 tahun menunjukkan bahwa jika asupan potasium / kalium pada seseorang meningkat maka resiko mengalami stroke bisa berkurang hingga sebesar 40%. Tekanan darah yang juga menjadi faktor kunci stroke juga dipengaruhi oleh rendahnya asupan potasium / kalium.

Protein dan Serat

Alpukat memiliki kandungan protein luar biasa tinggi, dua hingga sepuluh kali lebih banyak dari buah dan sayuran sumber protein lainnya. Sebagai sumber protein, alpukat disebut sebagai “makanan paling lengkap” karena mengandung 9 jenis asam amino (pembentuk protein) yang dianggap penting bagi tubuh.

Alpukat menjadi sangat penting sebagai sumber protein esensial, khususnya bagi mereka yang vegetarian atau kurang suka memakan daging.

Sudah terbukti bahwa pola makan yang memperhatikan asupan serat tinggi menurunkan resiko diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Berbeda dengan anggapan semula, bahwa alpukat menyebabkan obesitas, alpukat justru kaya akan serat larut dan tak larut!

Penambahan asupan serat melalui alpukat dapat berpengaruh baik dan menghindarkan kebutuhan asupan serat dari suplemen sintetis yang cukup berbahaya.

Makanan Serbaguna

Alpukat dapat digunakan sebagai bagian dari makanan pembuka hingga penutup. Alpukat bisa ditumbuk, diiris, dipotong dadu, dimasak, bahkan dipanggang dan disajikan dalam wujud makanan apapun yang anda inginkan.

Alpukat juga dapat dijadikan campuran salad, hiasan burger, kue, dan pai. Dan yang paling populer, buah alpukat bisa dibuat menjadi jus alpukat yang sangat lezat. Cuma perhatikan bahan tambahan seperti gula dan susu, minimalisir sedemikian rupa agar tetap mendapatkan manfaat alpukat secara maksimal.

Well, sekarang sudah jelas bahwa alpukat sangat kaya manfaat, tentu jika diolah secara benar. Anggapan bahwa alpukat merupakan biang keladi dari kelebihan berat badan / obesitas sudah ditepis mentah-mentah. Alih-alih, bahan pendampingnyalah yang justru harus diperhatikan; karena bisa jadi itulah penyebabnya.

Tinggalkan komentar