5 Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Anda Waspadai

Kulit adalah lapisan paling luar pada tubuh yang bertugas melapisi organ dalam tubuh manusia. Karena menjadi bagian terluar dari tubuh sehingga kulit dapat menerima berbagai paparan lingkungan dan mudah mengalami gangguan atau penyakit kulit.

Kulit berfungsi untuk menjaga tubuh serta membantu mengeluarkan segala macam zat sisa dan kotoran. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan kulit agar tampil percaya diri.

Dengan menjaga kesehatan kulit maka kulit pun akan terhindar dari jenis-jenis penyakit kulit yang biasanya disebabkan oleh kuman, bakteri, virus dan alergi.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit

Penyakit kulit sendiri bisa muncul secara tidak terduga, bahkan banyak orang yang menganggap penyebabnya berkaitan dengan kebersihan tubuh yang buruk. Namun, faktanya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya penyakit kulit.

Berikut ini merupakan jenis-jenis penyakit kulit yang perlu kita ketahui.

1. Eksim

Eksim atau yang juga dikenal dengan dermatitis merupakan penyakit kulit yang membuat kulit menjadi tampak merah, kering, gatal hingga meradang.

Eksim biasanya muncul pada bagian wajah, telinga, leher, pergelangan tangan, siku, pergelangan kaki dan kaki.

Penyakit ini biasanya muncul karena disebabkan alergi pada rangsangan kimia seperti kosmetik, obat-obatan, sabun, dan detergen.

2. Bisul

Bisul menjadi penyakit kulit yang seringkali dialami oleh banyak orang. Penyakit satu ini biasanya ditandai dengan muncul benjolan merah dan bisa membesar.

Bisul dapat terjadi karena disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit.

Umumnya bisul kerap ditemukan pada bagian tubuh yang lembab misalkan pada lipatan paha, leher, ketiak, kepala dan sela bokong.

Adapun penyebab terjadinya bisul yakni kebersihan yang buruk, pelemahan diabetes, penggunaan bahan kimia, hingga luka yang terinfeksi.

3. Psoriasis

Psoriasis ditandai dengan munculnya ruam warna merah, kulit yang terkelupas, menebal kering, dan bersisik. Biasanya di bagian atas bercak merah terdapat sisik tipis yang melekat berlapis-lapis. Yang mana apabila digaruk maka sisik tersebut bisa rontok.

Ada beberapa penyebab terjadi penyakit ini misalkan trauma, stres, tingkat kalsium yang rendah.

Meskipun psoriasis dapat menyerang semua bagian tubuh, tapi biasanya paling sering muncul pada bagian kulit kepala. siku, lutut, dan punggung bagian bawah.

4. Campak

Rubela atau campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang biasanya ditularkan melalui udara.

Campak sebagian besar menyerang anak-anak tapi tidak menutup kemungkinan juga menyerang siapa saja dari segala usia. Biasanya orang yang telah terserang campak bisa menjadi lebih kebal terhadap virus ini.

Gejala campak salah satunya yakni ruam merah atau cokelat yang menyebar pada seluruh tubuh. Akan tetapi, selain itu penderita juga dapat mengalami demam, batuk, dan bintik kecil di dalam mulut.

5. Selulitis

Selulitis adalah penyakit kulit yang terjadi karena infeksi bakteri yang menyebabkan kulit menjadi bengkak, kemerahan, dan sakit ketika disentuh.

Kebanyakan kasus, selulitis terjadi pada area kulit tungkai. Dan parahnya, selulitis menjadi salah satu penyakit kulit yang bisa membahayakan nyawa pengidapnya apabila tidak ditangani dengan tepat.

Hal ini terjadi dikarenakan infeksi bisa menyebar melalui kelenjar getah bening serta pembuluh darah. Walaupun berbahaya, selulitis bukanlah penyakit yang menular, karena penyakit ini menyerang jaringan kulit bagian dalam.

Selain jenis penyakit kulit di atas, ada begitu banyak jenis penyakit kulit lainnya sehingga ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

Selain kebersihan tubuh dan lingkungan, Anda juga harus memperhatikan pola makan dan belajar untuk mengelola stres. Jangan lupa, berhati-hatilah dalam memilih produk kosmetik, sabun hingga detergen yang juga kontak langsung dengan kulit.

 

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5864161/12-jenis-penyakit-kulit-yang-paling-umum-menyerang-tubuh

https://www.alodokter.com/macam-macam-penyakit-kulit-dan-cara-mengatasinya

https://www.halodoc.com/artikel/4-jenis-penyakit-kulit-yang-perlu-diwaspadai

Tinggalkan komentar