Manfaat Teh Bunga Lavender Untuk Pengobatan

Manfaat Teh Bunga Lavender – Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga lavender. Bunga berwarna ungu denganĀ  aroma khas ini sering dijadikan sebagai pengharum ruangan, kosmetik, sabun dan pembasmi serangga.

Namun, ternyata manfaat bunga dari genus Lavandula ini bukan hanya itu. Kebanyakan orang tahunya bunga levender untuk bahan obat nyamuk saya. Padahal bunga lavender juga bisa dijadikan teh yang berkhasiat. Bahkan belum banyak orang yang menyadari manfaat teh bunga lavender untuk pengobatan.

Bunga lavender memang tidak begitu sering dijadikan bahan teh, sebab teh lavender alami memiliki rasa yang kuat bahkan pahit. Teh bunga levender bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, masalah kecemasan, stres hingga diabetes.

Tahu nggak kalau lavender adalah kelompok tumbuhan mint lamicaea yang berkerabat dengan rosemary, kemangi, dan catnip. Pantesan ya daun dan bunganya mirip kemangi gitu.

Nah, ciri-cirinya adalah batangnya bercabang banyak dan mirip semak-semak. Daun bunga lavender kecil dan tipis yang menyirip, bergerigi, dan berwarna hijau. Bunganya ada dipucuk batang dengan warna ungu dan biru keunguan.

Bunga yang umurnya cukup panjang loh, sekitar 20 – 30 tahunan ini memiliki akar tunggang pendek. Biasanya tumbuh tegak setinggi 20 hingga 40 cm dan berbunga pada bulan Mei – September. Di lingkungan panas, bunga ini bisa tumbuh dengan baik dan mengeluarkan aroma yang harum.

6 Manfaat Teh Bunga Lavender untuk Kesehatan

Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/couleur-1195798/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=2510783">Couleur</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=2510783">Pixabay</a>

Bukan hanya untuk pengobatan, lavender juga bisa meningkatkan kecantikan. Berikut dipaparkan manfaat dariteh bunga lavender untuk pengobatan.

Mengobati Masalah Pencernaan

Manfaat teh bunga lavender untuk pengobatan yang pertama, yaitu mengatasi masalah pencernaan. Teh bunga levender berkhasiat meredakan masalah pencernaan, seperti kram perut, mual dan diare.

Efek antispasmodik pada lavender mampu mengurangi ketegangan otot pencernaan sampai mengatasi nyeri perut dan kembung. Aroma khasnya bekerja menstimulasi produksi empedu, sehingga makanan lebih mudah tercerna. Aromanya juga memberi efek penenang untuk meredakan rasa mual.

Mengobati Migran dan Nyeri Kepala

Menghirup aroma lavender yang menenangkan dapat memberi efek sebagai pereda nyeri. Meski belum ada penelitian mengenai manfaat teh lavender sebagai pereda nyeri ini.

Namun, terbukti aroma lavender yang berasal dari minyak esensial mampu membuat rasa nyeri menjadi reda. Hal tersebut karena aromanya yang menenangkan dapat mengurangi rasa nyeri dan migran. Tubuh pun akan menjadi rileks dan membuat lebih nyaman saat beristirahat.

Mengobati Sistem Saraf Pusat dan Mengatasi Depresi

Manfaat teh bunga lavender salah satunya dapat meredakan gelisah, memperbaiki mood hingga mengatasi depresi. Kandungan linalool yang terdapat di dalam lavender ini lah yang bermanfaat mengatasi masalah-masalah tersebut.

Kandungan linalool dikatakan mampu menstimulasi aktivitas pada bagian otak tertentu. Sehingga memberikan menenangkan serta memperbaiki mood.

Mengobati Nyeri Sendi dan Otot

Rasa nyeri pada sendi terjadi karena disebabkan peradangan pada sendi ataupun otot. Efek antiinflamasi yang terkandung di dalam teh bunga lavender dapat mengatasi peradangan tersebut.

Selain itu, teh bunga levender juga bisa mengatasi otot kaku dan tegang setelah beraktivitas seharian. Otot akan menjadi rileks, sehingga pegal linu teratasi.

Menyeimbangkan Sistem Imun

Teh bunga lavender memiliki kandungan vitamin C, kalsium dan magnesium yang bermanfaat menunjang sistem imun. Selain itu juga mempermudah tubuh dalam melawan infeksi bakteri, jamur dan virus. Teh bunga lavender juga mengandung antioksidan yang tinggi serta mempunyai efek antibakteri yang mampu meredakan flu.

Antioksidan sendiri dapat bekerja melawan radikal bebas akibat polusi dan asap rokok. Seperti yang Anda ketahui bahwa radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Memperbaiki Kualitas Tidur

Manfaat lain dari teh bunga lavender yaitu memberikan efek menenangkan yang dapat membantu masalah tidur. Dengan mengonsumsi teh bunga lavender sebelum tidur, akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa teh lavender mampu meningkatkan produksi dopamine dan menurunkan hormon stres. Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, pastinya kualitas kesehatan tubuh pun akan meningkat dan senantiasa sehat.

Itulah beberapa manfaat teh bunga lavender untuk pengobatan. Ternyata bunga ungu dengan aroma khas ini menyimpan banyak manfaat, ya. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin setelah beraktivitas untuk mendapatkan tubuh lebih rileks.

Caranya bisa dengan menyeduh tunas bunga lavender atau dengan menyeduh lavender yang sudah dikemas dan dijual di toko-toko. Selamat mencoba dan semoga informasi pada artikel ini bermanfaat untuk Anda.

5 pemikiran pada “Manfaat Teh Bunga Lavender Untuk Pengobatan”

  1. Baru tahu lho aku ada teh lavender. Tahunya lavender sebagai pengharum dan pengusir nyamuk. Hehe…
    Ternyata banyak manfaatnya yah…

    Balas
  2. Selama ini aku tahunya khasiat lavender hanya untuk mencegah gigitan nyamuk dan pewangi ruangan saja. Baru tahu ternyata banyak juga ya khasiatnya.
    Thanks for sharing, Mbak,

    Balas
  3. Wah ternyata teh bunga lavender bisa untuk mengatasi depresi juga yaaa…. Selama ini tahunya aroma lavender untuk mengusir nyamuk. Ohya, untuk kecantikan juga. Ternyata masih banyak manfaat lain untuk kesehatan yaa

    Balas
  4. Menarik juga ya manfaat lavender ini sebagai minuman. Aku belum pernah minum loh hehe. Jadi penasaran. Kayaknya diminum anget anget nikmat ya.

    Balas

Tinggalkan komentar