Tips untuk Mendapatkan Polis Asuransi Jiwa Terbaik

Dengan semakin banyaknya perusahaan, terkadang membuat calon nasabah asuransi menjadi bingung. Bagaimana mendapatkan polis asuransi jiwa terbaik? Sebelum memutuskan untuk membeli perlindungan, sebaiknya pahami terlebih dulu kelebihan dan kekurangannya.

Semua perusahan asuransi akan memberikan informasi yang membuat calon pembeli polis memilihnya. Agar tidak menyesal dan keliru dalam memilih, harus mencari referensi sebanyak-banyaknya.

Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik

Asuransi terbaik akan mengedepankan pelayanan yang prima bagi nasabahnya. Kemudahan dan kecepatan klaim adalah keunggulan yang perlu mendapat pertimbangan. Selain itu juga besarnya premi dan persyaratan ketika membeli polis.

Karena asuransi merupakan produk yang dibeli sekarang untuk manfaat mendatang, maka sebelum membeli harus memastikan benar kredibilitas dari perusahaan. Jangan sampai sudah membayar premi namun tidak bisa mendapatkan hak yang seharusnya diterima. Berikut tips mendapatkan asuransi jiwa terbaik.

1. Pastikan Besar Premi Sesuai

Premi merupakan kewajiban yang harus dibayar setiap waktu tertentu. Pastikan besarnya sebanding dengan fasilitas yang diperoleh. Membayar sedikit lebih mahal namun dengan fasilitas premium merupakan pilihan tetap.

Akan tetapi perhatikan juga kondisi keuangan. Jangan sampai pengeluaran untuk polis mengganggu pemenuhan kebutuhan yang lain. Anda harus bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar.

Salah tips mendapatkan premi asuransi terbaik adalah dengan menanyakan apakah ada spesial harga untuk syarat tertentu. Sebagai contoh asuransi kesehatan, apakah ada potongan premi bagi pemegang polis kedua, ketiga dan seterusnya.

2. Terdaftar sebagai Anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia

Perusahaan asuransi jiwa terbaik akan memperhatikan legalitasnya dengan mendaftar dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Institusi ini membawahi semua lembaga asuransi resmi. Dengan menjadi anggota, maka kredibilitas perusahaan tersebut bisa dipercaya.

Perjanjian asuransi bersifat jangka panjang. Karena itu harus memperhatikan kondisi perusahaan. Keterbukaan kedua pihak sangat penting agar kerjasama berjalan dengan baik dan masing-masing pihak mendapat manfaat.

3. Layanan Terbaik

Anda tidak tahu kapan akan membutuhkan klaim. Perusahaan asuransi terbaik akan memberikan pelayanan prima kapan saja. Tidak semua memberikan pelayanan 24 jam. Hal ini sangat penting menjadi bahan pertimbangan

Dengan memilih asuransi yang melayani selama 24 jam maka Anda tidak perlu khawatir jika harus segera menghubunginya. Cek sebelumnya dan pastikan pelayanan yang diberikan fast respon sehingga nasabah tidak perlu menunggu terlalu lama.

4. Pastikan Manfaat dari Asuransi

Setiap produk asuransi memberikan manfaat yang berbeda. Pelajari dan pahami hal tersebut sehingga tidak terjadi kekeliruan. Meski besar premi sama, antara satu dengan asuransi yang lain fasilitasnya mungkin berbeda.

Namun biasanya antara besar premi dan manfaat yang diberikan sebanding. Jika menginginkan perlindungan dan pelayanan lebih baik, maka harus menyesuaikan dengan besar pembayaran premi setiap waktu tertentu.

Beberapa asuransi jiwa juga menyediakan fasilitas untuk kesehatan dan investasi. Sebelum membeli polis tanyakan hal ini kepada marketing. Dengan membeli jenis asuransi jiwa yang mempunyai perlindungan investasi dan kesehatan sekaligus, akan lebih fleksibel. Namun harga premi yang harus dibayarkan biasanya lebih mahal.

Polis berkaitan erat dengan fasilitas dan manfaat dari produk asuransi. Karena pembayarannya dalam jangka panjang, sebelum memutuskan untuk membeli, harus mempertimbangkan banyak hal. Jangan sampai proteksi ini justru menimbulkan masalah yang lain, seperti kemampuan memenuhi kebutuhan utama.

Untuk mendapatkan manfaat polis asuransi jiwa terbaik, sebaiknya melakukan survei terlebih dulu. Pastikan perusahaan asuransi pilihan merupakan institusi resmi dengan kredibilitas dan track record baik.

Sumber:

https://www.zurich.co.id/id-id/blog/articles/2019/10/bagaimana-cara-memilih-asuransi-jiwa-terbaik-ketahui-5-tipsnya-berikut-ini

https://keuangan.kontan.co.id/news/cara-memilih-asuransi-jiwa-terbaik-sesuai-kebutuhan-anda

https://lifepal.co.id/media/cara-memilih-perusahaan-asuransi-yang-aman-dan-ideal/

 

21 pemikiran pada “Tips untuk Mendapatkan Polis Asuransi Jiwa Terbaik”

  1. Untuk mengikuti asuransi sebaiknya dipikirkan dulu manfaat utamanya untuk apa, baik dari sisi jiwa, kesehatan, pendidikan atau mungkin bisa bersamaan. Kemampuan membayar premi tiap bulannya juga harus diperhitungkan. Dengan layanan terbaik dan terdaftar di Anggota Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia tentu dapat kita percaya kredibilitasnya.

    Balas
  2. Tipsnya bener banget mba. Dan kudu ada pernyataan di atas kertas dan bukan omongan marketingnya aja, nanti bakal seperti apa.. supaya terjaga kebenarannya. Harus dibaca baik2^^ makasih tipsnya mba

    Balas
  3. Sebelum memilih menggunakan asuransi, menurutku memang penting untuk dicek apa saja manfaat yang akan diberikan jika emilih asuransi itu. Cek juga seberapa bagus asuransi jiwa yang kita pilih ya mba

    Balas
  4. Harus selektif dan dipikirkan masak-masak ya sebelum memilih asuransi supaya nantinya bisa diklaim dengan mudah. Asuransi jiwa sangat penting untuk penanggung nafkah utama.

    Balas
  5. Aku sekarang paling asuransi kesehatan, memang harus detil untuk asuransi supaya ketahuan S&K dari awal, dan jangan merasa dirugikan. Selain itu bayaran preminya sanggup apa nggak juga diperhatikan.

    Balas
  6. Bisa jadi rekomen nih, channel yutub edukasi anak2. Sekarang ada wifi di rumah dan hp jadi bumerang juga buat anak-anak sih. Alhamdulillah dengan ada rekomen channel pas banget buat anak2 aku yg masih SD.

    Balas
  7. Asuransi itu untuk jangka panjang bukan spt tabungan, kadang orang salah kaprah apalagi yang newbie ya.

    Penting sekali menjelaskan sedetil mungkin, kadang pihak marketing memberi gambaran yg indah2 hasil akhir, tdk di.kasih tau yang pahit2nya.

    Thanks ya mamm sharingnya smg banyak yg teliti sebelum.membeli asuransi

    Balas
  8. Kalau aku biasanya urusan asuransi ku serahkan ke pak suami, kebetulan dibantu oleh temannya yang memang sudah berkecimpung didunia perasuransian. Jadi bisa lebih paham dan kalau banyak nanya lebih enak juga. Kayak sekarang gini tuh punya asuransi jiwa memang wajib banget kalau aku bilang.

    Balas
  9. Makasih tipsnya mbak, memang benar sebelum memilih dan membeli asuransi kita wajib banget tau manfaatnya. Jangan asal ditawari langsung beli, harus cek dan ricek dulu

    Balas
  10. Harus jeli dan teliti ya memang saat kita beli asuransi. Apa pun jenis asuransinya. Supaya kita bisa dapat manfaat yang maksimal dari premi yang kita bayarkan. Dan tentu, melihat dan baca-baca tentang testimony, terutama tentang klaim yang mudah, harus jadi pertimbangan juga saat memilih asuransi.

    Balas
  11. Memilih asuransi memang tidaklah pernah mudah, kalau yang simple ya.. dimana menabung, di situ juga asuransinya ditanam.
    Tapi kembali lagi ke perasaan nyaman saat berinvestasi yaa.. Kalau fast response ini wajib banget sih.. dari komunikasi yang terjalin, semoga ke depannya misalkan ada masalah, bisa segera teratasi.

    Balas
  12. Memilih asuransi jiwa memang harus jeli ya, mbak. Makasih lho tipsnya. Semoga kelak terpakai, saat mulai memikirkan membeli asuransi jiwa. Jujur, aku sekarang belum memikirkan soalnya masih ada slot lain yang harus dipenuhi

    Balas
  13. Perusahaan asuransi yang memberikan layanan 24 jam dan fast response terhadap keluhan/pertanyaan pelanggan ini sekarang jadi salah satu pertimbangan utama juga ya. Kalau pelayanan bagus, pasti deh akhirnya pelanggan juga bakal memberikan kesan yang baik, bahkan bisa jadi merekomendasikan pada teman/kerabatnya

    Balas
  14. Aku pengin asuransi jiwa murni (utk suami), tqpi pengin juga asuransi yg nanggung utk penyakit kritis.

    Haha, masih bingung menentukan mau jenis asuransi yang mana. Masih menimbang2 kira ambil yg mana.. karena pasti ngaruh ke premi ya kan..

    Balas
  15. Memilih asuransi yang pertama tentukan tujuannya dulu. Untuk pensiun, pendidikan, jiwa, kesehatan kah?
    Kalau sudah tahu tujuannya lihat preminya.
    Memang premi asuransi yang terjangkau ada di asuransi jiwa karena dasarnya produk asuransi ya di asuransi jiwa.

    Balas
  16. layanan 24 jam ini penting karena namanya sakit atau meninggal ga pake permisi dulu.
    di era digital dan kemudahan berkomunikasi sekarang penting ya memilih asuransi dengan pelayanan terbaik yang gercep dan responsif akan kebutuhan customernya.

    Balas
  17. Pilih-pilih asuransi jiwa ini memang kudu cermat ya, karena termasuk kebutuhan krusial. Karena sifatnya yang mendadak, penting kiranya kemudahan layanan asji sehingga ga perlu mengganggu proses dan menyusahkan ahli waris nantinya.

    Balas

Tinggalkan komentar