4 Cara Memilih Asuransi Rawat Jalan yang Tepat

Siapa sih yang belum mengenal asuransi di zaman sekarang? Kalaupun ada yang belum tahu biasanya karena memang belum tahu manfaatnya. Bukan hanya asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi pendidikan pun penting dimiliki.

Produk asuransi tentu penting untuk dimiliki agar punya perlindungan dari risiko finansial, dan salah satunya adalah asuransi rawat jalan.

Asuransi rawat jalan masuk ke dalam kategori asuransi kesehatan yang tentu sangat penting untuk diutamakan. Sesuai namanya, asuransi ini menanggung biaya rawat jalan.

Lalu, seperti apa sebenarnya produk asuransi satu ini?

Daftar Isi

Layanan Asuransi Rawat Jalan

4 Cara Memilih Asuransi Rawat Jalan yang Tepat

Asuransi kesehatan secara umum memberi perlindungan atau pertanggungan yang mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan. Kemudian, nasabah juga berhak untuk memperluas manfaat perlindungan tersebut dengan mengajukannya ke penyedia asuransi.

Asuransi kesehatan jenis tertentu hanya memberi pertanggungan biaya rawat inap, sedangkan untuk rawat jalan ditanggung sendiri. Maka asuransi rawat jalan menjadi penting untuk dipertimbangkan.

Sebab, asuransi satu ini menawarkan ganti rugi biaya rawat jalan sehingga untuk keperluan kontrol maupun pemeriksaan kesehatan mata dan gigi bisa mengandalkannya.

Bagaimana Cara Memilihnya?

Asuransi yang melayani biaya rawat jalan di Indonesia memang dipelopori oleh BPJS Kesehatan yang dikelola oleh pemerintah.

BPJS menawarkan fasilitas rawat jalan kepada para peserta. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan perlindungan finansial jika sakit dan harus berobat jalan.

Perlahan, sistem asuransi rawat jalan diadopsi oleh perusahaan asuransi swasta dan semakin banyak yang menyediakannya. Lalu, bagaimana cara memilih yang benar agar tidak kecewa?

Berikut beberapa caranya:

1. Perhatikan Nilai Premi

Cara pertama agar tidak salah pilih asuransi untuk rawat jalan adalah memperhatikan preminya. Penyedia asuransi jenis ini tentu tidak hanya satu atau dua perusahaan, melainkan cukup banyak. Beberapa dikenal menyediakan nilai premi yang terjangkau dan tentu bisa dijadikan pilihan.

Nilai premi yang murah meringankan beban finansial nasabah dan memperkecil risiko pembayaran tersendat. Namun, usahakan jangan asal murah pastikan murah tapi berkualitas.

Jangan sampai kualitas layanan buruk dan jaringan rumah sakitnya terbatas, karena akan merasa sia-sia sudah membayar premi.

2. Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya asuransi untuk rawat jalan masuk ke dalam jenis asuransi kesehatan. Sehingga perlu memperhatikan jaringan rumah sakit rekanan perusahaan asuransinya.

Jika memungkinkan, utamakan perusahaan yang jaringannya luas. Jadi, jika jatuh sakit saat perjalanan mudik atau keluar kota untuk urusan bisnis.

Bisa mengandalkan fasilitas klaim online asuransi tersebut. Biaya berobat selama sakit di luar kota dan luar daerah dijamin tetap ditanggung perusahaan asuransi. Jadi, silakan cek seberapa banyak rumah sakit rekanannya.

3. Plafon yang Cukup Tinggi

Sebagian besar asuransi rawat jalan memiliki plafon dalam jumlah tertentu, sehingga mempengaruhi jenis dan jumlah fasilitas kesehatan yang didapatkan. Misalnya saja per kontrol atau per rawat jalan nilai plafon Rp1 juta.

Jika biaya obat dan konsultasi di atas plafon tersebut, praktis nasabah menambal kekurangannya sendiri.

Mencegahnya, nasabah bisa mencari produk asuransi kesehatan dengan nilai plafon cukup tinggi di layanan rawat jalan. Sehingga bisa mendapatkan uang ganti rugi secara utuh saat menjalani proses rawat jalan tadi.

4. Pilih yang Menyediakan Fitur Cashless

Cara terakhir untuk mendapatkan asuransi yang bagus adalah memilih asuransi yang menyediakan fitur cashless. Artinya, pihak penyedia asuransi mencetak kartu yang fungsinya seperti kartu debit dan kartu kredit.

Saat menjalani rawat jalan maka proses pembayaran tinggal memakai kartu tersebut. Yakni dengan ditunjukan ke petugas rumah sakit di loket pembayaran atau kasir. Sehingga nasabah tidak harus menalangi dulu biaya rawat jalan yang dilakukan.

Di mana Bisa Memilih Asuransi Rawat Jalan yang Tepat?

Asuransi yang menanggung biaya rawat jalan tentu penting untuk dimiliki, sebab pasca menjalani rawat inap pasien tentu diwajibkan kontrol rutin.

Kontrol menemui dokter ini sudah termasuk rawat jalan. Jika tidak dilindungi asuransi, praktis nasabah harus merogoh kocek sendiri untuk menanggung biayanya.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memilih asuransi rawat jalan dan agar menemukan pilihan terbaik bisa menggunakan layanan dari Lifepal.

Melalui website resminya, siapa saja bisa menemukan rekomendasi asuransi terbaik. Tak hanya asuransi kesehatan tapi juga asuransi jenis lainya yang dijamin disediakan perusahaan terpercaya.

Silakan kunjungi websitenya dan temukan asuransi terbaik sekaligus sesuai dengan anggaran.

Tinggalkan komentar