6 Tips Workout di Rumah

Selama pandemi, aktivitas tempat kebugaran terbatas. Kalian pun mungkin juga was-was untuk pergi ke sana. Namun hal ini bukan alasan untuk tidak berolahraga. Tips workout di rumah ini bisa membantu.

Workout adalah latihan fisik atau aktivitas. Tujuannya untuk menjaga kebugaran dan mencegah obesitas. Latihan ini dapat dilakukan di gym maupun rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian perlu melakukannya dengan rutin dan dalam waktu tertentu.

Tips Workout di Rumah Agar Berhasil

6 tips workout di rumah

Jika bergabung bergabung klub untuk melakukan workout, instruktur akan mengatur, menentukan gerakan dan memantaunya. Sedang jika melakukannya di rumah, maka kalian harus melakukan monitoring sendiri.

Banyak hal yang menyebabkan workout di rumah akhirnya gagal. Kesibukan mengurus rumah, anak bagi yang sudah memiliki, atau pekerjaan kantor saat WFH bisa menyita waktu dan perhatian. Agar dapat berhasil, ikuti tips workout di rumah berikut;

  • Membuat Jadwal

Menjadikan workout sebagai salah satu aktivitas wajib merupakan cara untuk membuat olahraga di rumah ini berhasil. Jangan tunggu sampai ada waktu sisa. Buatlah prioritas seperti kegiatan yang lain. Dengan memasukkan dalam jadwal kegiatan harian, kalian akan terdorong untuk melakukannya.

  • Ruang Khusus

Gerakan kebugaran seperti push up, yoga, barre, kardio bisa menjadi alternatif workout yang menyehatkan dan dapat mencapai body goal. Sediakan ruang khusus untuk melakukannya. Tidak perlu besar dan dengan berbagai fasilitas, yang penting cukup lega untuk melakukan gerakan.

Kalian bisa memanfaatkan lorong, teras atau garasi. Ruang khusus ini akan membuat semakin bersemangat dan nyaman melakukan gerakan tanpa harus terganggu hal lain. 

  • Jangan Berlebihan

Kegiatan apapun tidak baik jika berlebihan. Begitu juga dengan workout. Jangan melakukan kegiatan secara berlebihan. Gerakan berat dalam jangka waktu yang lama hasilnya belum tentu bagus. Lakukan secukupnya saja sesuai kebutuhan tubuh.

  • Fokus

Melakukan semua kegiatan perlu fokus, bukan hanya sekedar menghilangkan keharusan karena sudah ada dalam jadwal. Fokus melakukan gerakan hasilnya akan mendapat kebugaran dan kesehatan. 

Sebaiknya singkirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi. Kalian membutuhkan waktu untuk melakukan workout seperti halnya pekerjaan lain. Dengan fokus pada setiap gerakan maka hasilnya pun akan optimal. 

  • Konsisten

Workout bukan kegiatan instan. Kalian tidak akan mendapat hasilnya dalam waktu singkat. Jadi harus konsisten untuk jangka waktu tertentu. Ikuti jadwal yang kalian buat, seminggu dua atau tiga kali sudah cukup.

Begitu juga dengan durasi. Pastikan teman-teman melakukan gerakan dalam waktu yang cukup. Terlalu lama justru membuat bosan dan malas untuk melakukannya kembali. Tubuh juga mempunyai batas kemampuan yang berbeda.

Jika teman kalian dapat melakukan workout dalam waktu lama, kalian tidak harus dengan durasi yang sama. Sesuaikan dengan kemampuan fisik dan kebutuhan tubuh. 

  • Gabung Klub Olahraga Online

Digitalisasi menjadi salah satu solusi selama pandemi. Saat ini banyak pusat kebugaran yang membuka fasilitas kelas online. Teman-teman dapat bergabung dengan mempertimbangkan jam kegiatannya, menyesuaikan kesibukan lain.

Fasilitas dari klub kebugaran ini ada yang gratis dan berbayar. Mengikuti yang gratis biasanya cenderung untuk kurang aktif. Jika tidak ikut toh tidak rugi. Berbeda dengan jika bergabung klub berbayar. Karena sudah membayar, apabila melewatkan satu sesi tentu akan rugi.

Kalian juga bias mencoba aplikasi STRONGBEE ya untuk memulai hidup sehat khususnya workout di rumah.

STRONGBEE, Aplikasi Booking Kelas Olahraga

tips workout di rumah

Aplikasi yang baru diluncurkan pada tahun 2019 ini sangat membantu kita yang ingin tetap bugar dengan pilihan aktivitas olahraga maupun kesehatan. Melalui platform digital, pengguna bias terhubung ke para pelatih olahraga profesional tanpa perlu terbebani biaya keanggotaan.

Wah, keren sekali ya!

Kalian bisa langsung unduh gratis aplikasi STRONGBEE di playstore. Setelah memasangnya pada gadget dan mendaftarkan diri, pelanggan bisa menikmati berbagai fitur yang ada.

Salah satu fiturnya adalah BPASS, yaitu metode pembayaran yang disediakan STRONGBEE. Saldo BPASS inilah yang nanti dapat digunakan untuk memesan kelas melalui STRONGBEE.

Nah, kalau kalian mengisi saldo BPASS maka akan mendapat saldo extra 50%. Mulai dari Rp.100.000.

Aplikasi ini tidak hanya menawarkan kelas fitness, tapi juga pelatih pribadi, lapangan olahraga, dan juga fisioterapi. Kalian juga bebas mencoba kelas-kelas yang ada di STRONGBEE sesuka hati karena ada yang berbentuk single visit.

Barre Class di STRONGBEE

workout online dari rumah
sumber: https://strongbee.co.id/

 

Salah satu kelas di STRONGBEE yang bisa kalian pilih adalah barre class, yaitu gabungan antara pilates, balet, dan sedikit komponen yoga. 

Barre class dirancang untuk mengencangkan otot, meningkatkan kekuatan inti, dan memperbaiki postur tubuh. 

Harga untuk satu sesi barre class antara Rp50.000 – Rp100.000, tergantung studio dan kelas). Saat mengikuti kelas ini kalian hanya perlu membawa air, handuk, pakaian tambahan, dan sepatu.

kelas di strongbee
sumber: https://strongbee.co.id/

 

Barre class juga bisa diikuti oleh laki-laki maupun perempuan. Wah, bisa ngajak suami atau istri dong ya biar sehat bareng-bareng gitu. Nggak masalah kok meskipun baru kali pertama dengan kelas ini karena instruktur akan memandu dengan sabar.

Gimana? Penasaran dengan barre class dari STRONGBEE?

Cuss deh, pasang aplikasinya di gadgetmu dan daftar kelasnya. Ada informasi tentang kesehatan juga loh. 

 

Sumber:

https://strongbee.co.id/

3 pemikiran pada “6 Tips Workout di Rumah”

  1. Kangen poundfit..
    Aku suka banget olahraga yang aktif bergerak dan sebelum pandemi rutin zumba. Jadi rindu workout bersama. Obatin dulu sama aplikasi STRONGBEE.
    Kelas olahraganya banyaaakk euuii~
    Keren!

    Balas
  2. Konsistensi ini nih yang saya rasa sangat sulit untuk dilakukan. Padahal itu sangat berpengaruh atas apa yang sudah kita lakukan demi tercapainya tujuan kenapa kita mau berolahraga ya

    Balas
  3. Setuju mak konsisten tu paling penting mwnurutku. Kemarij aku sempet yg semangat banget tiap hari olahraga tapi semenjak bulan kemarin entah kenapa menurun semangat. Harusnya fokua terus ya meakioun cuma beberapa menit asalkan rutin. Makasih rwmindernya

    Balas

Tinggalkan komentar